nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 5 November : Pidato Obama hingga Erupsi Merapi Akibatkan 353 Tewas

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 06:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 05 337 2125764 peristiwa-5-november-pidato-obama-hingga-erupsi-merapi-akibatkan-353-tewas-cSfvXmJFJF.jpg Gunung Merapi erupsi. (Ist)

JAKARTA – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 5 November. Banyak momen yang tak bisa dilupakan pada tanggal tersebut, mulai dari erupsi Gunung Merapi hingga pidato mantan Presiden AS Barack Obama.

Untuk mengingat kembali peristiwa itu, Okezone telah merangkum kejadian pada 5 November yang bersumber dari Wikipedia, Selasa (5/11/2019) :

1. 1935 - Permainan Monopoli Mulai Diproduksi

Monopoli merupakan salah satu permainan yang paling terkenal di dunia. Namun, tak banyak yang tahu kapan permainan yang dimainkan untuk menguasai semua petak di atas papan itu mulai diproduksi secara luas.

Dulu sebelum adanya Monopoli ada satu permainan yang serupa yakni The Landlords Game yang diciptakan Elizabeth Magie. Permainan itu dibuat agar masyarakat memahami bagaimana para tuan tanah memperkaya dirinya sendiri.

monopoli. (Reuters)

Permainan itu kemudian menyebar melalui mulut ke mulut hinga mengeluarkan variasi lokal salah satunya Auction Monopoly yang belakangan dikenal sebagai Monopoli. Permainan ini kemudian dipelajari Charles Darrow kemudian dipatenkan.

Setelah itu Darrow menjual mainan tersebut kepada Parker Brothers sebagai penemuannya sendiri. Di saat itulah Parker kemudian memproduksi mainan tersebut secara luas.

2. 1962 Norwegia Menutup Tambang Batu Bara Svalbard

Kepulauan Svalbard merupakan wilayah paling Utara Norwegia yang terletak di samudra arktik sebelah utara Eropa daratan. Svalbard merupakan kepulauan.

Di sana terdapat tambang batu bara yang banyak mempekerjakan orang. Suatu ketika terjadi kecelakaan dalam tambang tersebut. Alhasil ada 21 orang yang meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

3. 2008 - Pidato Presiden AS Usai Menang di Pemilu

Barack Obama merupakan presiden ke-44 AS. Ia menjabat sejak 2009 hingga 2017.

Pidato pertamanya yang mendapat perhatian nasional adalah ketika ia berkampanye untuk menjadi senator Amerika Serikat. Dia menyampaikan pidato utama pada Konvensi Nasional Demokrat dan menyatakan "tidak ada Amerika liberal atau Amerika konservatif dan yang ada hanya Amerika Serikat".

Obama mulai mencalonkan diri sebagai presiden tiga tahun setelah pidato itu. Menanggapi kontroversi politik yang melibatkan ras selama kampanye utama, ia menyampaikan pidato "A More Perfect Union" yang secara luas dipandang sebagai titik kritis dalam kampanye.

Barack Obama (Dailymail)

Obama mengikuti pemilihan presiden pada 2008 dan pemilihan kembali pada 2012. Di antara ratusan pidato yang telah disampaikannya sejak saat itu termasuk enam pidato di depan Kongres (termasuk empat pidato kenegaraan), dua pidato kemenangan, pidato untuk dunia Islam di Mesir pada awal masa jabatan pertamanya, dan pidato setelah penembakan Anggota Kongres, Gabrielle Giffords.

4. 2010 - Erupsi Gunung Merapi

Letusan Gunung Merapi pada 2010 menjadi rangkaian peristiwa yang cukup besar. Altivitas seismik gunung tersebut terjadi pada September 2010 hingga menyebabkan letusan. Ada 353 orang meninggal dunia dalam kejadian itu salah satunya juru kunci Merapi Mbah Marijan.

Berikut rincian peristiwa tersebut:

pada pukul 17.02 WIB mulai terjadi awan panas selama 9 menit. Pukul 17.18 WIB terjadi awan panas selama 4

pukul 17.23 WIB terjadi awan panas selama 5 menit, kemudian pukul 17.30 WIB terjadi awan panas selama 2 menit.

Setelah itu, pada pukul 17.37 WIB terjadi awan panas selama 2 menit. Selanjutnya pukul 17.42 WIB terjadi awan panas besar selama 33 menit. Pada pukul 18.00 WIB sampai dengan 18.45 WIB terdengar suara gemuruh dari Pos Pengamatan Merapi di Jerakah dan Selo.

Pukul 18.10 WIB, pukul 18.15, pukul 18.25 WIB terdengan suara dentuma. Pukul 18.16 WIB terjadi awan panas selama 5 menit.Setelah itu pukul 18.21 WIBterjadi awan panas besar selama 33 menit.

Dari pos Pengamatan Gunung Merapi Selo terlihat nyala api bersama kolom asap membumbung ke atas setinggi 1,5 km dari puncak Gunung Merapi. Pukul 18.54 WIB aktivitas awan panas mulai mereda. Luncuran awan panas mengarah ke sektor Barat-Barat Daya dan sektor Selatan-Tenggara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini