nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 4 November : Perdana Menteri Jepang Dibunuh hingga Jatuhnya Pesawat Aero Caribbean

Muhamad Rizky, Jurnalis · Senin 04 November 2019 07:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 04 337 2125341 persitiwa-4-november-perdana-menteri-jepang-dibunuh-hingga-jatuhnya-pesawat-aero-caribbean-ACfUgy9I2K.jpg Ilustrasi (Foto : Reuters)

JAKARTA - Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada tanggal 4 November. Banyak momen yang tak sulit dilupakan di tanggal tersebut. Di antaranya dibnuhnya Perdana Menteri Jepang Hara Takashi.

Untuk mengingat kembali Okezone telah merangkum kejadian pada 4 November yang bersumber dari Wikipedia:

1. 1869 - Terbitnya Jurnal Ilmiah Tertua Nature

Nature pertama kali terbit pada 4 November 1869 di Britania Raya. Dulu para penulis yang dimuat artikelnya dala. Nature mendapat prestise atau rasa bangga yang tinggi.

Mereka yang tulisannya dimuat dapat membawa kepada perhatian yang lebih tinggi kepada topik yang dibicarakan dalam artikel tersebut, sehingga dapat mengundang pendanaan dalam membantu penelitian.

Karena sebab ini, persaingan antara para ilmuwan untuk menerbitkan karya mereka di jurnal seperti Nature sangat ketat.

Ilustrasi Bendera Jerman

2. 1918 - Revolusi Jerman

Revolusi Jerman merupakan konflik yang terjadi pada Perang Dunia I. Revolusi ini menghasilkan pergantian kekuasaan dari pemerintahan yang bersifat kekaisaran menjadi republik. Gerakan ini terjadi mulai November 1918 hingga pendirian resmi Republik Weimar pada Agustus 1919.

3. 1921- Perdana Menteri Jepang Dibunuh

Hara Takashi tewas setelah dibunuh di Stasiun Tokyo pada 1921. Semasa remaja Hara sudah masuk sekolah hukum kementerian kehakiman namun meninggalkannya pada 1879 dan bekerja untuk Yubin Hochi Shinbun dan Daito-Nippo sebagai wartawan.

Belakangan ia juga memasuki Kementerian Luar Negeri, memasuki karier pejabatnya. Ia berhasil memegang jabatan-jabatan penting termasuk Wakil Menteri.

Baca Juga : 4 Polisi Ditangkap Diduga Terlibat Penculikan dan Pemerasan terhadap WN Inggris

Pada September 1897, ia beristirahat dari kehidupan pejabat, dan bergabung dengan Seiyukai yang dibentuk oleh Hirobumi Ito. Sebagai tokoh berpengaruh dalam Seiyu-kai, ia mendukung Kinmochi Saionji, dan memainkan peran kunci dalam masa yang disebut "Abad Kabinet Kei-En".

Pada 1914, ia diangkat sebagai pimpinan ke-3 dari Rikken-Seiyu-kai, dan pada 1918, ia menjadi PM dan mewakili kabinet parpol pertama sebelum kemudian dibunuh.

4. Kelahiran Mayjen TNI Basuki Rahmat

Basuki Rahmat lahir pada tanggal 4 November 1921 di Tuban Jawa Timur. Ia merupakan putra dari pasangan, Raden Soenodihardjo Sudarsono dan Soeratni, meninggal pada bulan Januari 1925 ketika Basuki berusia empat tahun.

Basuki merupakan Jenderal Tentara Nasional Indonesia dan ia menjadi saksi kunci penandatanganan Supersemar

dokumen serah terima kekuasaan dari Presiden Soekarno kepada Jenderal Soeharto.

5. 2010 - Jatuhnya Pesawat Aero Caribbean

Aero Caribbean Penerbangan 883 merupakan penerbangan international berjadwal dari Port au Prince Haiti menuji Havana Kuba melalui Santiago de Cuba.

Pesawat ini jatuh di Provinsi Sancti Spirtus. Alhasil 61 orang penumpang dan 7 awak pesawat meninggal dunia. Kecelakaan ini termasuk menjadi kecelakaan mematikan di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini