nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menko PMK Akan Bentuk Satgas untuk Turunkan Angka Stunting

Fadel Prayoga, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 21:38 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 02 337 2125043 menko-pmk-akan-bentuk-satgas-untuk-turunkan-angka-stunting-m6YiohlPXL.jpg Menko PMK Muhadjir Effendy (Foto : Humas Kemenko PMK)

JAKARTA - Menko PMK, Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya akan membentuk satuan tugas (Satgas) khusus yang bekerja di bawah kementeriannya untuk membantu menurunkan angka anak penderita stunting di Indonesia. Hal itu untuk mewujudkan generasi emas dalam menyongsong Indonesia maju di tahun 2045.

"Adapun koordinasi yang akan diakukan Kemenko PMK, sifatnya berjenjang. Mulai dari membentuk semacam satuan tugas khusus antar kementerain yang berada di bawah koordinasi Kemenko PMK," kata Muhadjir dalam keterangan yang diterima, Sabtu (2/11/2019).

Ilustrasi

Ia mengaku akan mengaku akan membahasnya dengan berkordinasi dengan kementerian lain untuk membahas teknis dari pembentukan tim satgas tersebut.

"Jika berkaitan dengan kementerian lain yang berbeda kemenko, akan membahasnya dengan sesama menko. Misalnya, koordinasi untuk masalah pembangunan sanitasi, kementerian yang berwenang adalah KemenPUPR yang koordinasinya ada di Kemenko Kemaritiman dan Investasi," ujarnya.

Baca Juga : Mendagri Tito Karnavian: Program Pengentasan Kemiskinan dan Stunting Harus Masuk APBD

Menurut dia, masalah Stunting sudah jadi program prioritas nasional. Ia berharap dengan adanya satgas itu dapat menekan angka penderita stunting di Tanah Air.

"Angka stunting kita masih dan fluktuatif. Tidak hanya soal gizi buruk atau 1000 hari pertama kehidupan. Stunting terkait juga dengan masalah sanitasi,” kata dia.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini