La Nyalla Minta Senator DPD Gencar Angkat Persoalan Daerah ke Tingkat Nasional

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 02 November 2019 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 02 337 2124880 la-nyalla-minta-senator-dpd-gencar-angkat-persoalan-daerah-ke-tingkat-nasional-dGUXZ82A6S.jpg Ketua DPD RI, La Nyalla Mattalitti (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

SURABAYA - Ketua DPD RI, La Nyalla Mahmud Mattalitti mengimbau kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, malah membawa isu nasional ke daerah.

Ia ingin para senator melihat mencermati, mengidentifikasi, dan menemukan jalan keluar persoalan-persoalan di daerah untuk selanjutnya kita sampaikan kepada pemerintah sebagai masukan.

“Saya menekankan kepada seluruh senator untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Untuk itu kita membutuhkan peran media massa sebagai medium katalisator agar persoalan tersebut segera tertangangi,” kata La Nyalla di Hotel JW Mariot Surabaya, Sabtu (2/11/2019).

Mantan Ketua Umum PSSI ini menekankan bahwa DPD adalah lembaga yang lahir dari konsensus politik nasional untuk memperkuat fungsi perwakilan daerah di tingkat nasional, di samping perwakilan politik DPR RI.

Paripurna DPR/MPR/DPD

“Gagasan dasar pembentukan DPD RI adalah menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional, sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah,” bebernya.

Tak lupa, La Nyalla mengajak seluruh senator DPD agar terus melakukan sinergi dan komunikasi yang harus harmonis dengan semua lembaga termasuk pemerintahan.

“Saya berulangkali menyatakan, DPD RI harus menjalin sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara, terutama pemerintah, demi mempercepat pembangunan di daerah,” ucap La Nyalla

Menurutnya, ajakan agar para senator dapat menjalankan konsep itu bukan tanpa sebab, hal ini sejalan dengan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin adanya pembangunan secara merata di seluruh bagian Indonesia.

“Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia sentris, yang artinya merata, tidak hanya di Pulau Jawa,” kata dia.

“Karena sejatinya, wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke,” katanya memungkasi

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini