nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Bertolak ke Bangkok Hadiri KTT ASEAN

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 08:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 02 337 2124870 jokowi-bertolak-ke-bangkok-hadiri-ktt-asean-ZpIxInCGe2.JPG Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta (Foto: Biro Pers Setpres RI/Kris)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini dijadwalkan bertolak menuju Bangkok, Thailand, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN pada 2-4 November 2019. Menurut rencana, Presiden akan terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada Sabtu (2/11/2019) pagi ini.

Kunjungan ke Bangkok ialah lawatan ke luar negeri pertama Jokowi pasca- dilantik sebagai Presiden RI periode 2019-2024. Pada kunjungan itu, Jokowi bakal didampingi sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju.

Pertemuan pleno KTT ASEAN yang akan dihadiri oleh para pemimpin dan kepala negara/pemerintahan negara anggota ASEAN, dimulai pada hari ini. Sejumlah isu akan dibahas Jokowi, antara lain mengenai pembangunan infrastruktur kawasan.

"Saya akan mengajak seluruh anggota ASEAN untuk bersama-sama membangun infrastruktur yang berkaitan dengan konsep Indo-Pacific," kata Jokowi dalam acara diskusi mingguan dengan wartawan kepresidenan di Istana Merdeka Jakarta, Jumat 1 November 2019 kemarin.

Melalui pembahasan tersebut drinya berharap akan memberikan dampak ekonomi yang baik kepada seluruh anggota ASEAN terutama bagi mudahnya hubungan antarnegara.

Presiden JokowiPresiden Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres/Kris)

ā€¯Selain itu, murahnya biaya logistik dan kemudian kita harapkan pertumbuhan di negara ASEAN akan semakin baik karena pertukaran barang antarnegara kita ini menjadi lebih gampang," pungkasnya.

Pertemuan itu, juga diharapkan dapat meningkatkan konektivitas negara-negara anggota ASEAN. Dengan demikian, daya saing dari produk-produk yang diproduksi oleh negara ASEAN jadi lebih kompetitif.

Pada Minggu (3/11/2019), Jokowi dijadwalkan mengikuti acara pembukaan KTT Ke-35 ASEAN dan beberapa pertemuan tingkat tinggi antara negara-negara anggota ASEAN dengan para mitranya, yakni KTT ASEAN-China, KTT ASEAN-India, dan KTT ASEAN-PBB.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini