nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Blusukan ke Wilayah Kekeringan, Gibran Tiru Strategi Politik Ayahnya

Bramantyo, Jurnalis · Sabtu 02 November 2019 02:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 337 2124819 blusukan-ke-wilayah-kekeringan-gibran-tiru-strategi-politik-ayahnya-FO8m9Twh9p.jpg Gibran Rakabuming Raka (Foto: Okezone)

SOLO - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka semakin gencar turun ke bawah menemui masyarakat menjelang Pilkada Solo 2020.

Seperti gaya yang sering dilakukan ayahnya, Gibran pun mulai blusukan ke perkampungan menyapa para warga. Seperti yang dilakukan kali ini. Gibran melakukan droping air di Kampung Bayat Dukuhan, Kelurahan Kadipiro, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Tak tanggung-tanggung, suami dari Selvi Ananda ini mengirimkan empat tangki air untuk warga di RT 01, 02, 03 dan 04 di RW 10 Kelurahan Kadipiro.

Gibran Blusukan

Pantauan di lapangan, Gibran pun memantau langsung pengiriman droping air pada warga. Tak hanya itu, ayah Jan Ethes Sri Nalendra ini pun berbaur dengan warga yang tengah mengantri air bersih kirimannya.

Menurut Gibran, droping air ini dilakukan setelah dirinya menerima laporan bila warga mulai kesulitan mendapatkan air bersih yang disebabkan musim panas berkepanjangan.

"Hari ini ada 4 mobil tangki yang saya kirim. Tim saya itu kemarin memberikan laporan ada beberapa titik di Kota Solo yang sudah mulai kesulitan mendapatkan air bersih karena musim kemarau ini. Begitu mendapatkan laporan, saya langsung survai daerah mana yang benar-benar kesulitan air,"papar Gibran pada wartawan, Jumat (1/11/2019).

Baca Juga: Meski Minim Pengalaman, Gibran Punya Power Bertarung di Pilwalkot Solo

Gibran menambahkan sebenarnya droping air bersih pada warga ini bukan suatu jawaban untuk mengatasi kesulitan warga. Tapi harus ada suatu cara agar setiap musim kemarau warga tak kesulitan mendapatkan air bersih.

Namun, dalam jangka pendek ini, dirinya akan terus melakukan droping air. Untuk itu, pihaknya masih terus melakukan satu persatu, melihat lokasi dan solusi yang dibutuhkan.

"Solusi jangka panjang perlu dicarikan, seperti membuat sumur yang lebih dalam," paparnya.

Terpisah Ketua RT 03 RW 10 Kampung Bayat Dukuhan, Kadipiro, Supraptiawan mengungkapkan apa yang dilakukan Gibran ini sangat membantu warga untuk mengatasi kesulitan air sementara.

Sejak musim, sejak dua bulan terakhir, kekeringan mulai merambah daerahnya. Selama ini, sebagian warga ada yang berlangganan PDAM. Namun tak sedikit pula ada juga yang mengandalkan air sumur yang saat ini sudah mengering.

"Kami sangat senang sekali mendapat droping air bersih dari mas Gibran, putra Presiden Jokowi. Ini sangat membantu kami. Biasannya untuk satu jrigenbair bersih, kami membelinya dengan harga Rp3.500," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini