Idham Azis Resmi Jadi Kapolri, Ini Harapan Komisi III DPR

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Jum'at 01 November 2019 19:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124747 idham-aziz-resmi-jadi-kapolri-ini-harapan-komisi-iii-dpr-q32DFBT1vr.jpg Idham Aziz saat membacakan sumpah sebagai Kapolri. (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Idham Azis resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Kepolisian RI (Kapolri). Idham pun kini mendapatkan kenaikan pangkat dari Komjen menjadi Jenderal.

Anggota Komisi III DPR RI Cucun A Syamsurijal berharap Idham bisa meneruskan kinerja pendahulunya, yakni Jenderal (Purn) Tito Karnavian. “Kami berharap Beliau bisa meneruskan berbagai terobosan yang telah dilakukan Tito Karnavian yang saat ini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri,” ujar Cucun, Jumat (1/11/2019).

Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR itu menilai punya deretan prestasi yang cukup mengagumkan. “Banyak kasus-kasus besar ditangani dengan rapih tanpa banyak gembar-gembor ke media. Melihat panjangnya karir dan prestasi Beliau di institusi kepolisian, maka semua fraksi secara aklamasi menyepakati Idham sebagai Kapolri,” ucapnya.

Jenderal Pol Idham Aziz Resmi Jabat Kapolri

Selain itu, Cucun berharap agar Komjen Idham bisa menjaga tradisi di Polri dengan baik, mulai di tingkat manajemen organisasi hingga tata kelola sumber daya manusia (SDM), sembari melakukan berbagai terobosan baru yang lebih baik.

“Kapolri-kapolri terdahulu telah memberikan pondasi pengembangan Polri, hal ini bisa diteruskan Komjen Idham sembari mengambil terobosan-terobosanbaru, sehingga Polri ke depan kian profesional, modern, dan dipercaya (Promoter),” tukas Cucun.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi telah melantik Idham Azis sebagai Kapolri di Istana Negara. Pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 97/Polri Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian RI oleh Sekretaris Militer Presiden. Setelah itu, Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti Idham.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,"

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi tribrata," kata Jokowi diikuti Idham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini