Jokowi: Ketua Umum PSSI yang Baru Harus Berintegritas

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 01 November 2019 17:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124692 jokowi-ketua-umum-pssi-yang-baru-harus-berintegritas-4eBuTpLjm6.jpg Presiden Jokowi (Foto: Biro Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan pemerintah tidak akan melakukan intevensi soal Kongres Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Sabtu 2 November 2019. Sebelumnya, Jokowi memang telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali untuk memperbaiki kualitas Tim Nasional (Timnas) sepakbola Indonesia.

"Ya Waktu kita mengenalkan Menpora yang baru kan saya sampaikan, 'Pak sepak bola, sepak bola, kan saya sampaikan saat itu'. Tetapi sekali lagi untuk urusan berkaitan dengan urusan Kongres Luar Biasa PSSI yang akan dipilih ketua umumnya, pemerintah tidak bisa ikut campur apalagi intervensi, enggak bisa," ujar Jokowi saat bertatap muka dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Baca Juga: Tudingan Vijaya soal Iriawan Berkolaborasi dengan Kartel Berujung Ancaman Pidana 

Jokowi memastikan statuta FIFA melarang pemerintah untuk ikut campur dalam pemilihan Ketua Umum PSSI. Kepala Negara hanya berharap Ketua Umum PSSI terpilih nantinya merupakan sosok yang berintegritas demi kemajuan sepak bola Indonesia.

"Kita hanya berharap agar yang menjadi Ketua Umum PSSI betul-betul memiliki integritas yang baik dan bisa membawa kemajuan bagi sepakbola di Tanah Air," ujarnya.

 PSSI Foto: Ist

Jokowi ingin perhelatan Piala Dunia U-20 yang berlangsung di Indonesia harus segera dipersiapkan dengan membentuk tim garuda muda yang mampu berprestasi dalam kompetisi yang berlangsung pada 2021 itu.

"Saya sudah titip ke Menpora tolong ini betul-betul disiapkan mulai dari sekarang didukung PSSI untuk menyiapkan U-20 kita mulai dari sekarang. Dan persiapannya betul-betul, persiapan yang panjang," ujarnya.

Jokowi ingin Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-29. Ia pun menargetkan tim garuda muda bisa mencapai babak final.

"Kita enggak mau penyelenggaraannya Piala Dunia U20 sukses, timnya jauh dari keinginan kita, jangan sampai. Paling tidak bisa masuk final alhamdulillah, bisa semifinal juga alhamdulillah," katanya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini