nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Gunakan APBD untuk Kepentingan Rakyat

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 16:48 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 01 337 2124659 mendagri-ingatkan-kepala-daerah-gunakan-apbd-untuk-kepentingan-rakyat-R8J7DXSax0.jpg Mendagri, Tito Karnavian. (Foto: Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, banyak daerah yang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2019 hanya terserap 60 persen.

"Ternyata banyak sekali daerah-daerah, tapi saya enggak bilang Jakarta, yang daya serap baru 60-an persen, padahal tinggal dua bulan lagi," ucap Tito di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

Oleh sebab itu, Tito mengingatkan para kepala daerah agar bisa memaksimalkan anggaran untuk 2019 sebelum waktunya selesai. Ia berharap anggaran tersebut digunakan untuk keperluan rakyat, bukan hanya dibelanjakan barang.

"Nah saya membayangkan kalau 60 persen itu belanja pegawai, dan barang saja, berarti yang menikmati ini pegawai, yang dinikmati masyarakat mana?" kata dia.

(Foto: Puspen Kemendagri)

"Penggunaan anggaran itu selain belanja pegawai rutin, belanja barang operasional, utamakan juga belanja modal yang tepat untuk kepentingan rakyat, itu paling pentig, agar betul-betul dirasakan masyarakat," ujar Tito.

Agar dapat digunakan secara maksimal, Tito berharap para kepala daerah bisa memperhatikan dengan jelas ke mana saja aliran anggaran-anggaran tersebut digunakan.

"Maka di belanja modal itu harus betul-bet dipelototin oleh kepala daerah, DPRD, dan nanti juga nyampe ke kita, dan juga para pengawas, apalagi kita kerjasama dengan KPK, dengan BPKP, BPK," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini