Ini 10 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat di Pekan Awal November

Muhamad Rizky, Okezone · Jum'at 01 November 2019 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124632 ini-10-wilayah-berpotensi-hujan-lebat-di-pekan-awal-november-wWF6yb6MtF.jpg Ilustrasi (Okezone)

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan ada 10 wilayah berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mulai hari ini sampai 6 November 2019, menyusul sudah masuknya musim penghujan di sebagian besar Indonesia.

“Saat ini sebagian daerah telah memulai masa peralihan dari musim kemarau ke hujan bahkan beberapa daerah (sebanyak 15%) yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumbar, Palembang, Riau, Kaltim, sebagian Sulawesi dan Sebagian Papua bagian Barat sudah memasuki musim hujan,” kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam keterangan tertulis, Jumat (1/11/2019).

Sepuluh daerah yang berpeluang diguyur hujan sedang hingga lebat dalam sepekan ke depan adalah Aceh, Sumatera Utara, Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah bagian barat, sebagian Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara dan Papua. Wilayah-wilayah ini berpotensi hujan hingga 3 November.

Sementara Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat dan Papua berpotensi huja lebah dari 4 hingga 6 November.Ilustrasi

BMKG menyebutkan kondisi iklim di Indonesia sangat dikontrol oleh kondisi suhu muka air laut di Samudera Hindia sebelah barat-barat daya Pulau Sumatera dan di Samudera Pasifik, serta di perairan laut Indonesia.

Fenomena yang saat ini sedang terjadi karena rendahnya suhu permukaan laut daripada suhu normalnya yang berkisar antara 26-27 derajat celcius di wilayah perairan Indonesia bagian selatan dan barat, sehingga berimplikasi pada kurangnya pembentukan awan di wilayah Indonesia.

Dengan adanya fenomena tersebut, mengakibatkan awal musim hujan periode 2019/2020 mengalami kemuduran, dan sebagian besar wilayah Indonesia mulai memasuki musim hujan pada bulan November, kecuali untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dimulai sejak pertengahan Oktober 2019.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini