Wacana Larangan Cadar, Mendagri Tito Bakal Bicara dengan Menag Fachrul Razi

Sarah Hutagaol, Okezone · Jum'at 01 November 2019 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124599 wacana-larangan-cadar-mendagri-tito-bakal-bicara-dengan-menag-fachrul-razi-winDxt8Ixl.jpg Mendagri Tito Karnavian. (Foto : Okezone.com/Sarah Hutagaol)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan tanggapan terkait pernyataan Menteri Agama Fachrul Razi soal larangan pemakaian cadar atau nikab dan celana cingkrang di kalangan aparatur sipil negara (ASN) yang sempat heboh.

Mengenai itu, Tito mengaku akan membicarakannya lebih lanjut dengan Menag Fachrul Razi. Namun menurutnya, setiap aparatur negara memang terdapat aturannya dalam berpakaian.

"Saya akan bicarakan dengan Menag," ucap Tito saat ditemui di kawasan Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (1/11/2019).

"Tapi prinsipnya memang harusnya kan ada tata aturan tentang cara berpakaian, untuk ASN, polisi, TNI, semua sudah ada tata seragam, berpakaian," tuturnya.

Menag Fachrul Razi. (Foto : Okezone.com/Novie)

Lebih lanjut Tito mengatakan, jika memang ada aturan dalam berpakaian atau berseragam di dalam ASN, ia menyarankan untuk menjalani peraturan yang ada.

Tito pun mengingatkan kembali kalau ASN h harus mengikuti peraturan yang ada, karena ASN dibayar oleh negara, dan diwajibkan untuk setia kepada Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Tapi prinsipnya harus sesuai dengan tata seragam berpakaian di lingkungan ASN. Ingat ASN bukan swasta, ASN dibayar oleh negara. Kita harus setia dengan empat pilar Indonesia, yaitu Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika, NKRI. Di luar itu maka kita akan tolak," tutur Tito.


Baca Juga : Menag Bantah Larang Penggunaan Cadar di Instansi Pemerintah

Sementara itu, Menag Fachrul Razi telah membantah melarang penggunaan cadar bagi muslimah di lingkungan instansi pemerintahan. Ia pun berdalih tak ada aturan yang diterbitkan pemerintah guna melarang penggunaan cadar tersebut.

"Enggak ada, enggak ada (saya melarang), kami tidak pegang aturannya, larangannya juga tidak ada," ujar Fachrul di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).


Baca Juga : Menag Fachrul Razi Bantah Larang Penggunaan Cadar

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini