Banyak Jenderal Polisi Berpeluang Isi Posisi Kabareskrim

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 01 November 2019 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124549 banyak-jenderal-polisi-berpeluang-isi-posisi-kabareskrim-ueYsQtTLjP.jpg Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal. (Foto: Dok Okezone/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal mengungkapkan banyak jenderal polisi yang berpeluang mengisi jabatan kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim).

Posisi kepala Bareskrim saat ini kosong setelah Jenderal Idham Azis dilantik Presiden Joko Widodo menjadi kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Baca juga: Penunjukan Kabareskrim Hak Prerogatif Kapolri Jenderal Idham Azis 

"Kandidat banyak (Kabareskrim). Bintang dua semua berpeluang. Bintang tiga semua berpeluang," kata Iqbal di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/11/2019).

Presiden Jokowi resmi lantik Idham Azis menjadi Kapolri. (Foto: BPMI)

Ia mengakui saat ini sudah banyak desas-desus yang muncul ke masyarakat terkait sosok yang akan menempati jabatan Kabareskrim. Namun, Iqbal memastikan belum ada nama yang diputuskan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis soal kepala baru Bareskrim Polri.

Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Idham Azis Menjadi Kapolri 

"Kami tidak tahu. Biasalah kalau ada kandidat banyak sekali isu-isu," ujar Iqbal.

Iqbal menegaskan bahwa penunjukan Kabareskrim sendiri merupakan hak prerogatif Kapolri Jenderal Idham Aziz. Meskipun, tetap melewati tahapan Dewan Kepangkatan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Kabareskrim Polri merupakan jabatan jenderal bintang tiga. Posisi itu bisa diisi oleh jenderal bintang tiga aktif saat ini dan bintang dua.

Baca juga: Usai Dilantik, Kapolri Idham Azis Langsung Temui Panglima TNI 

Iqbal menambahkan, dalam penunjukan itu Kapolri Jenderal Idham Azis akan memilih sosok tepat yang memiliki integritas serta pengalaman tinggi.

Presiden Jokowi resmi lantik Idham Azis menjadi Kapolri. (Foto: BPMI)

"Tapi insya Allah, prinsipnya Beliau akan memilih Perwira Tinggi Polri yang berintegritas, mempunyai track record mumpuni, karena Kabareskrim adalah jabatan salah satu penentu untuk memelihara kamtibmas di Negara RI. Saya kira itu," tutur Iqbal.

Baca juga: Kapolri Jenderal Idham Azis: Saya Akan Menjunjung Tinggi Tribrata 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini