Tito Karnavian: Banyak Pekerjaan yang Harus Dikerjakan Pak Kapolri Idham Azis

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 01 November 2019 11:25 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124486 tito-karnavian-banyak-pekerjaan-yang-harus-dikerjakan-pak-kapolri-idham-azis-LiESRTo1X1.jpg Mendagri, Tito Karnavian (foto: Okezone.com/Arif)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengucapkan selamat bertugas kepada Kapolri Jenderal Idham Azis yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana.

Tito yang juga mantan Kapolri itu menilai bahwa banyak tugas yang harus dikerjakan oleh Idham Azis sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara.

"Selamat bertugas. Banyak pekerjaan yang harus dikerjakan oleh Pak Idham. Jadi Kapolri nggak gampang karena internal saja harus ngurusin 450 ribu orang. Eksternal ada 34 polda, 500 lebih Polres, hampir 5000 Polsek yang tersebar di seluruh wilayah," kata Tito di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

 Baca juga: Megawati, Puan hingga Bamsoet Hadiri Pelantikan Kapolri Jenderal Idham Azis

Menurut Tito, Kapolri Idham Azis harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat hingga memastikan pelayanan publik yang baik berjalan di masyarakat.

"Penegakan hukum itu enggak gampang di tengah negara yang sangat pluralistik, dan demokrasi yang cenderung bebas," terang dia.

 Kapolri Jenderal Idham Azis

Tito juga menyoroti adanya pesta demokrasi Pilkada serentak yang berlangsung di 270 daerah. Menurut dia, tugas pengamanan Pilkada itu sudah menanti Idham Azis di depan mata.

 Baca juga: Presiden Jokowi Resmi Lantik Idham Azis Menjadi Kapolri

"Jadi permasalahan idologis, polistis, Pilkada tahun depan 270 daerah itu akan banyak sekali. Lalu permasalahan kejahatan-kejahatan konvensional seperti perampokan, begal, kekayaan negara, ilegal loging, ilegal fishing, masalah lingkungan itu komplek sekali. Saya merasakan tiga tahun tiga bulan merasa cukup berat," imbuh dia.

Tito memastikan akan bekerjasama dengan Idham Azis sebagai Kapolri. Nantinya hubungan Forkopimda dan Polri akan semakin erat guna memastikan kondusifitas yang ada di daerah.

"Dimana kepala daerah adalah pimpinannya. Kita harapkan nanti ada kekompakan di tiap-tiap daerah di antara Forkompimda. Sebagai pembina kepala daerah, saya selaku Mendagri tentunya akan mendorong para kepala daerah untuk membangun sinergi yang bagus dengan kepolisian, dengan TNI, Kajati dengan pengadilan tinggi, dengan Ketua DPRD. Kalau kompak Forkompimda, daerah itu akan aman-aman saja," tandasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini