Presiden Jokowi Resmi Lantik Idham Azis Menjadi Kapolri

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 01 November 2019 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124446 presiden-jokowi-resmi-lantik-idham-azis-menjadi-kapolri-isjdWeZzXJ.jpg Presiden Jokowi resmi melantik Idham Azis menjadi Kapolri. (Foto: BPMI)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah resmi melantik Idham Azis menjadi Kapolri. Pelantikan dilakukan di Istana Negara pada Jumat pagi ini. Pelantikan sekaligus menaikkan pangkat Idham Azis menjadi perwira tinggi polisi berpangkat jenderal.

Pelantikan Idham Azis menjadi Kapolri berlangsung sekira pukul 09.30 WIB, Jumat (1/11/2019). Sejumlah pejabat negara dan anggota Kabinet Indonesia Maju periode pemerintahan 2019–2024 turut menghadiri pelantikan ini.

"Saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata," kata Idham ketika mengucapkan sumpah.

Baca juga: Istana Harap Idham Azis Bisa Bawa Polri Jadi Lebih Berprestasi 

Kemudian tampak pula sejumlah anggota parlemen yang di antaranya Ketua DPR Puan Maharani dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Usai resmi melantik Idham Azis, Presiden Jokowi langsung menyematkan bintang kenaikan pangkat. Ia juga memberikan selamat.

Baca juga: Ketua DPR Sebut Tugas Berat Menanti Kapolri Baru 

Idham Azis sendiri sebelumnya sudah melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Hasil tes tersebut juga telah disahkan dalam rapat paripurna DPR.

Idham Azis merupakan pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara. Ia adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988.

Presiden Jokowi menunjuk Idham Azis setelah Jenderal Tito Karnavian ditunjuk menjadi menteri dalam negeri di Kabinet Indonesia Maju periode pemerintahan 2019–2024.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini