Pagi Ini Presiden Jokowi Lantik Idham Azis sebagai Kapolri

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Jum'at 01 November 2019 08:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 01 337 2124415 pagi-ini-presiden-jokowi-lantik-idham-azis-sebagai-kapolri-PVJoMNHch2.jpg Komjen Idham Azis. (Foto: @divisihumaspolri)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan pada Jumat pagi ini melantik Komjen Idham Azis sebagai Kapolri. Idham Azis pun nantinya resmi menjadi perwira tinggi polisi berpangkat jenderal.

Pelantikan Idham Azis dilaporkan akan berlangsung di Istana Negara, Jakarta Pusat, sekira pukul 09.30 WIB, Jumat (1/11/2019).

Baca juga: DPR Resmi Tetapkan Idham Azis sebagai Kapolri 

Idham Azis sendiri sebelumnya sudah melalui uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR. Hasil tes tersebut juga telah disahkan dalam rapat paripurna DPR.

Idham Azis merupakan pria kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara. Ia adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988.

Komjen Idham Azis menjalani fit and proper test calon Kapolri di DPR. (Foto: Humas Polri)

Presiden Jokowi menunjuk Idham Azis setelah Jenderal Tito Karnavian ditunjuk menjadi menteri dalam negeri di Kabinet Indonesia Maju periode pemerintahan 2019–2024.

Baca juga: Usai Jadi Kapolri, Idham Azis Janji Berantas Terorisme 

"Seluruh fraksi aklamasi untuk setujui Komjen Idham Azis menjadi Kapolri. Yang mana sore ini keputusa tingkat pertama dan sore ini bersurat kepada pimpinan DPR untuk besok agendakan dalam rapur," kata Ketua Komisi III DPR Herman Herry.

Idham Azis merupakan perwira tinggi Polri yang berpengalaman menumpas terorisme bersama Jenderal Tito Karnavian yang kala itu menjabat Kapolri.

Calon Kapolri Komjen Idham Azis menyambut rombongan Komisi III DPR. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini