nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Minim Pengalaman, Gibran Punya Power Bertarung di Pilwalkot Solo

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 06:38 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 11 01 337 2124378 meski-minim-pengalaman-gibran-punya-power-bertarung-di-pilwalkot-solo-oqswdwllAX.JPG Gibran Rakabuming Raka (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Kendati belum memiliki pengalaman mumpuni berkecimpung di dunia politik, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dianggap punya power untuk bersaing di Pilwakot Solo.

“Soal kapasitas dan kemampuam memang tak dimiliki Gibran. Tapi dia memiliki power sebagai anak presiden,” kata pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin saat berbincang dengan Okezone, Jumat (1/11/2019).

Menurut Ujang, dengan sistem politik yang ada sekarang, siapapun bisa melenggang maju untuk bertarung di ajang kontestasi pemilu. “Itulah politik, siapapun bisa maju. Siapapun bisa terpilih,” tutur dia

“Siapapun bisa terpilih di alam demokrasi. Termasuk orang yang tak memiliki kapasitas dan kemampuan,” tambah dia.

Gibran memang semakin serius untuk maju di Pilwalkot Solo tahun depan, meski DPC PDIP Kota Solo sudah mencalonkan Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso. Bahkan ia sudah bertemu dengan Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri untuk menyatakan keseriusan maju di Pilwalkot Solo melalui pintu DPP.

Terkait siapa yang mendorong Gibran untuk maju di Pilwakot, Ujang menduga hal itu dilakukan untuk membangun dinasti politik di Kota Solo. Terlebih dahulu sang ayah juga sebelumnya adalah Wali Kota Solo.

“Bisa saja Jokowi sedang membangun dinasti politik. Mungkin memiliki kekuasaan itu enak,” tutup Ujang.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini