nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hadapi Pancaroba, BNPB Imbau Warga Bersihkan Saluran Air

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 01 November 2019 02:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 01 337 2124371 hadapi-pancaroba-bnpb-imbau-warga-bersihkan-saluran-air-aFX9Ymiqlj.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau warga membersihkan saluran air memasuki pancaroba sekitar awal hingga pertengahan November 2019 mendatang.

"Jadi yang pertama kita perlu bersihkan saluran-saluran (air), baik di perumahan, di kompleks atau sungai-sungai," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Agus Wibowo, Kamis 30 Oktober 2019.

Ia menjelaskan, pembersihan saluran air tersebut bisa dilakukan oleh warga atau pemerintah daerah setempat guna mengantisipasi kemungkinan banjir saat musim hujan. Selain itu, warga juga diimbau menebang pohon berdaun rindang agar tidak roboh saat terkena angin kencang atau bencana lain yang berkaitan dengan pancaroba.

"Jadi, pohon ambruk itu karena memang terlalu berat, daunnya dan rantingnya terlalu banyak," tuturnya

Sedangkan bagi warga yang berada di daerah yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan (karhutla), BNPB mengimbau mereka untuk membuat permanen sekat kanal.

"Sekat kanal itu mulai diaktifkan supaya kalau hujan airnya cepat naik, terus bisa memadamkan kalau masih ada (kebakaran-red). Nanti itu bisa jadi tampungan air yang dapat dimanfaatkan jika nanti kemarau lagi. Jadi, sekat kanalnya dibikin permanen agar airnya tetap tertampung terus, sehingga kondisinya basah," ucap Agus.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini