nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMKG: Waspadai Puting Beliung hingga Hujan Es di Musim Pancaroba!

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 17:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 31 337 2124211 bmkg-waspadai-puting-beliung-hingga-hujan-es-di-musim-pancaroba-0LvwAB2QaO.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Peralihan musim atau masa pancaroba diprediksi akan mulai terjadi pada pekan depan hingga awal November 2019. Hal itu disampaikan oleh pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dikarenakan akan memasuki musim pancaroba, BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi saat peralihan musim atau masa pancaroba yang terjadi di bulan Oktober ini.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca, BMKG, Miming Saepudin mengatakan selama musim pancaroba diprediksi terdapat beberapa ancaman, seperti puting beliung hingga hujan es.

BMKG

"Kita akan memasuki awal musim hujan, maka pada periode menuju kesana dinamakan musim transisi atau pancaroba. Potensi yang dapat terjadi banjir, petir, tanah longsor, kemudian puting beliung juga mesti diwaspadai," ucap Miming di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (31/10/2019).

Lebih lanjut, Miming menjelaskan potensi ancaman ini diprediksi akan terjadi pada pekan ke depan sejak awal November, dan beberapa wilayah yang diperkirakan akan mengalami hujan lebat harus mewaspadai itu.

Baca Juga: BMKG: 17 Wilayah di Indonesia Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem

"Artinya paling tidak sampai awal November bisa kita perhatikan bahwa potensi hujan harus kita waspadai dengan intensitas lebat di wilayah Aceh, Sumut, Palembang, Sumsel, wilayah Jawa juga perlu diwaspadai, kemudian Kalimantan juga cukup signifikan, Sulawesi bagian tengah dan Papua," paparnya.

Untuk potensi terjadinya puting beliung, hujan es, hingga angin kencang, BMKG menyebutkan kalau masyarakat di wilayah Jawa dan Sumatra Selatan harus mewaspadainya. Sedangkan potensi gelombang air laut diperairan Sumatera hingga NTB.

"Kalau terkait dengan gelombang maka perlu diwaspadai dengan ketinggian 2,5 meter itu diperairan Selatan Barat daya Sumatra Bagian Selatan, hingga perairan selatan NTB dengan ketinggian antara 2-2,5 meter," tutup Miming.

Sekadar diketahui, BMKG memprediksi musim hujan akan mulai terjadi pada awal bulan November 2019, sedangkan puncak musim hujan akan terjadi pada Januari hingga Februari 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini