Menkominfo: Tak Ada Pembatasan Internet dalam Kondisi Normal

Fahreza Rizky, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 31 337 2124193 menkominfo-tak-ada-pembatasan-internet-dalam-kondisi-normal-DSj8Bwsf4M.jpg Menkominfo, Johhny G Plate (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA - Menkominfo Johnny G Plate berjanji tidak akan ada pembatasan akses internet, kecuali dalam kondisi kekacauan sipil. Pembatasan itu perlu dilakukan agar kekacauan tidak semakin meluas.

"Enggak ada pembatasan internet. Hak sipil itu harus dijaga. (Pembatasan) hanya pada saat di mana ada civil disorder, kekacauan. Itu kan perlu dijaga agar kekacauan itu tidak berlanjut," kata Johnny usai rapat koordinasi di Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Pembatasan akses internet dalam kondisi darurat disebut sebagai penindakan demi menjaga keamanan. Tetapi, dalam keadaan normal, pemerintah menjamin ketersediaan akses internet sebagai bagian dari hak sipil.

"Penindakan itu untuk keamanan. Dalam keadaan normal, negara harus menjamin hak sipil itu terjaga dengan baik. Makanya kami berharap, literasi berjalan dengan baik," tuturnya.

 Hacker

Sekjen NasDem itu mengimbau agar masyarakat menggunakan internet secara bijak. Dengan demikian situasi keamanan akan kondusif dan tidak terjadi pembatasan akses internet.

"Dalam keadaan normal, tidak ada pembatasan. Hanya pada saat civil disorder, kekacauan. Kemudian pada saat civil disobdience, ya itu kan harus dicegah. Cara cegah apa? Ya, akun diblokir," pungkas Johnny.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini