nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SD Lebak Kekurangan Kelas hingga Siswa Belajar Lesehan, Pemda Janjikan Ruangan Baru

Rasyid Ridho , Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 13:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 337 2124071 sd-lebak-kekurangan-kelas-hingga-siswa-belajar-lesehan-pemda-janjikan-ruangan-baru-8nr6u8eATf.jpg Siswa di SDN 2 Pasirkupa harus belajar sambil lesehan karena tak punya kursi dan meja. (Foto : Istimewa)

LEBAK – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Lebak, Wawan Ruswandi, menjanjikan pembangunan ruang kelas baru untuk SDN 2 Pasirkupa, Kecamatan Kalanganyar, Lebak, Banten. Ruang kelas baru itu akan dibangun tahun depan.

"SDN 2 Pasirkupa tahun depan kita mulai (dibangun-red) secara bertahap karena anggaran terbatas," kata Wawan saat dihubungi wartawan, Kamis (31/10/2019).

Hal itu diungkapkannya terkait kurangnya ruang kelas di SDN 2 Pasirkupa, sehingga terpaksa menumpang di gedung madrasah yang jaraknya sekira 200 meter dari sekolah. Di sana, para siswa belajar sambil lesehan karena ketiadaan meja dan kursi. Kondisi itu sudah terjadi sejak 8 tahun terakhir.

Saat ini, SDN se-Lebak memiliki rombongan belajar 5.557. Tapi, ruang kelas hanya ada 4.986 unit sehingga masih kekurangan 591 ruang kelas.

Dengan APBD senilai Rp70 miliar dan APBN Rp100 miliar, Pemkab Lebak dua tahun ke depan akan fokus merehabilitasi sekolah yang rusak dan membangun fasilitas perpustakaan, laboratorium, dan yang lainnya termasuk SDN Pasirkupa.

Siswa di SDN 2 Pasirkupa harus belajar sambil lesehan karena tak punya kursi dan meja. (Foto Istimewa)

"Secara bertahap akan kita bangun ruang kelas baru, dua tahun ke depan juga kita fokus merehabilitasi sekolah yang rusak, rawan rubuh, yang dapat membahayakan siswa," ujarnya.

Untuk sementara, siswa SDN 2 Pasirkupa yang menumpang belajar di madrasah dengan kondisi memprihatinkanyang hanya beralaskan karpet kotor sambil lesehan.

"Memang enggak ada mebelernya (kursi dan meja-red). Tapi, tadi ada yang mau menyumbang kursi dan meja. Pihak madrasah juga mempersilakan digunakan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SDN 2 Pasirkupa, Huriyati menjelaskankan, jumlah siswa di SDN 2 Pasirkupa sebanyak 324, terbagi dalam 13 rombongan belajar. Sementara ruang kelas yang dimiliki hanya ada 6, masih kekurangan 7 ruang kelas. Aktivitas belajar-mengajar pun terpaksa dilakukan secara tidak layak karena gedung sekolahnya kekurangan ruang kelas. Sehingga, para siswa terpaksa belajar menumpang di madrasah yang tidak memiliki kursi dan meja.


Baca Juga : Tak Punya Meja-Kursi, Sudah 8 Tahun Siswa SDN di Lebak Belajar Sambil Lesehan

"Yang ngedeprok dan numpang di madrasah itu empat rombongan belajar atau 68 siswa. Kelas empat a, b, c dan kelas tiga a," kata Huriyati saat dihubungi, Rabu (30/10/2019).

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini