Kemungkinan Idham Azis Akan Ditetapkan sebagai Kapolri Siang Ini

Muhamad Rizky, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 31 337 2124063 kemungkinan-idham-azis-akan-ditetapkan-sebagai-kapolri-siang-ini-aw6CwRw3EQ.jpg Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Komjen Idham Azis di Komisi III DPR RI (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mengaku bahwa pihaknya telah menerima surat dari Komisi III terkait uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri Komjen Idham Azis.

"Jadi berdasarkan surat dari pimpinan Komisi III tadi kita terima di meja pimpinan untuk melakukan rapim, rapat konsultasi mengagendakan atas masuknya surat dari Komisi III. Dalam hal ini berkenaan dengan hasil fit and proper (calon) Kapolri Komjen Idham Azis," kata Azis di DPR, Kamis (31/10/2019).

Baca Juga: Irit dan Efektif Bicara, Idham Azis Layak Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Idham Aziz

Azis mengungkapkan, setelah menerima surat pihaknya akan menggelar rapat pimpinan. Apabila dalam rapat tersebut semua fraksi sepakat memilih Idham Azis sebagai Kapolri, maka akan ditetapkan dalan sidang Parupirna. Sidang itu sendiri rencananya dijadwalkan siang ini.

"Hasil laporan Komisi III di tingkat pimpinan nanti pimpinan akan melakukan administrasi secara Undang-Undang MD3 untuk masuk ke dalam rapat pimpinan dan rapat konsultasi pengganti Bamus. Namun bila disepakati oleh fraksi-fraksi bisa saja kita langsungkan dengan paripurna," tuturnya.

Namun, Azis enggan menanggapi, kenapa dalam fit and proper test Idham kemarin, 30 Oktober 2019 tidak ada yang mengkritisi kasus Novel Baswedan. Menurutnya hak itu kewenangan dari Komisi III DPR.

"Itu ya itu mungkin pada tepatnya ditanyakan kepada Komisi III DPR. Dan pimpinan DPR tidak masuk ke wilayah teknis dalam sistem secara politik dan administrasi karena kita sebagai speaker of parlemen. Kita membatasi diri untuk masuk ke wilayah teknis yang ada kewenangannya di Komisi III," tukasnya.

Baca Juga: Harapan KPK untuk Kapolri Baru: Tuntaskan Kasus-Kasus Teror

Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Kapolri Idham Aziz

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini