nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Periksa Menteri Kelautan dan Perikanan Era Megawati

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 31 Oktober 2019 10:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 31 337 2123988 kpk-periksa-menteri-kelautan-dan-perikanan-era-megawati-3mQ9EWVZVY.jpg Eks Bupati Cirebon, Sunjaya saat jadi tersangka di KPK (foto: Okezone.com/Arie)

JAKARTA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan pemeriksaan terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Era Megawati Soekarnoputri, Rokhmin Dahuri, pada hari ini, Kamis (31/10/2019).

Rokhmin dijadwalkan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai pihak swasta. Ia akan dimintai keterangannya sebagai saksi terkait kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) untuk tersangka mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra (SUN).

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka SUN," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi.

 Baca juga: KPK Perpanjang Masa Cegah 2 Camat Cirebon dan Bos PT Hyundai

Belum diketahui kaitan Rokhmin Dahuri dalam perkara pencucian uang Sunjaya Purwadisastra. KPK diduga sedang fokus mendalami aliran uang korupsi Sunjaya yang disamarkan lewat pemeriksaan sejumlah saksi.

‎Selain Rokhmin, KPK juga memanggil satu saksi lainnya yakni seorang PNS, Sfari Burhanuddin. Ia juga akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Sunjaya Purwadisastra terkait kasus pencucian uang.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan mantan Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra sebagai tersangka tindak pidana pencucian uang (TPPU). Sunjaya diduga menyamarkan atau mencuci uangnya sebesar Rp51 miliar hasil suap dan gratifikasi.

 Baca juga: Nico Siahaan Dicecar KPK soal Uang Rp250 Juta dari Mantan Bupati Cirebon

Sunjaya sendiri telah dijerat oleh KPK terkait perkara suap dan gratifikasi sejumlah perizinan di Pemerintah Kabupaten Cirebon. Dalam perkara suapnya, Sunjaya telah divonis bersalah oleh Pengadilan Tipikor pada PN Bandung. Saat ini, Sunjaya masih menjalani proses penyidikan terkait kasus TPPU dan gratifikasi.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini