Program Prioritas Idham Azis Sangat Baik Diterapkan dan Didukung Masyarakat

Fetra Hariandja, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 10:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 31 337 2123975 program-prioritas-idham-azis-sangat-baik-diterapkan-dan-didukung-masyarakat-OPLiTqecyI.jpg Komjen Idham Azis. (Foto: @divisihumaspolri)

JAKARTA – Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, menyambut positif Komisi III DPR RI yang menyetujui pencalonan Komjen Idham Azis menjadi Kapolri yang baru. Pasalnya, kata dia, Idham memiliki program-program unggulan yang dinilai membuat Polri menjadi semakin maju.

"Bila kita melihat tujuh program prioritas Komjen Idham Azis, utamanya mewujudkan SDM (sumber daya manusia) yang unggul, sangat baik diterapkan dan didukung oleh seluruh elemen masyarakat," ungkap Nuning –sapaan akrabnya, Kamis (31/10/2019).

Baca juga: Harapan KPK untuk Kapolri Baru: Tuntaskan Kasus-Kasus Teror 

Ia mengatakan Komjen Idham Azis juga harus meningkatkan kualitas anggota Polri sejalan dengan era Revolusi Industri 4.0.

Calon Kapolri Komjen Idham Azis menyambut rombongan Komisi III DPR. (Foto: Muhamad Rizky/Okezone)

Kemudian, lanjut Nuning, proses pendidikan dan pelatihan di lingkungan Polri wajib memanfaatkan teknologi informasi serta digitalisasi agar diperoleh keuntungan organisasi pendidikan berupa efisiensi.

Baca juga: Irit dan Efektif Bicara, Idham Azis Layak Jadi Kapolri Gantikan Tito Karnavian 

"Ini penting untuk interoperabilitas komunikasi Polri dan pihak lain. Keuntungan lain adalah pengajaran kepada peserta didik atas pemanfaatan teknologi informasi dan digitalisasi dalam penugasan selanjutnya di wilayah Polda seluruh Indonesia," kata dia.

Nuning melanjutkan, Komjen Idham Azis ketika sudah menjabat Kapolri nanti harus lebih memahami ancaman keamanan dalam negeri serta efeknya hingga luar negri, memahami lingkungan strategis teritorial, seperti bahaya terorisme, radikalisme, narkoba, kejahatan jalanan atau kriminalitas.

Baca juga: Bangga Idham Azis Calon Kapolri, Warga Kendari Bakal Gelar Syukuran 

"Memiliki pengetahuan cukup mekanisme dan strategi penanggulangannya sehingga mampu menghadapi ancaman faktual serta potensial," jelasnya.

Komjen Idham Azis. (Foto: Instagram @divisihumaspolri)

Sedangkan kualitas di bidang komunikasi, menurut dia, sangat ditentukan kemampuan menggunakan bahasa-bahasa internasional.

Baca juga: Sosok Komjen Idham Azis di Mata Guru SD-nya di Kendari 

Nuning menegaskan, anggota Polri juga wajib memiliki pengetahuan baik akan sosial budaya setempat, dan sangat disarankan memiliki pengetahuan sosiologi yang cukup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini