Jumlah Tersangka Kerusuhan Wamena Bertambah, Totalnya Jadi 21 Orang

Edy Siswanto, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 08:24 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 31 337 2123932 jumlah-tersangka-kerusuhan-wamena-bertambah-totalnya-jadi-21-orang-sQk7lXGCPt.jpg Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal. (Foto : Ist)

JAYAPURA – Jumlah tersangka kerusuhan di Kota Wamena, pada 23 September 2019 kembali bertambah. Terakhir, Polres Jayawijaya menetapkan 1 orang yakni PH (16) sebagai tersangka.

Jumlah tersangka total menjadi 21 orang. Rinciannya, 16 orang telah ditahan di Rutan Mapolres Jayawijaya, 4 orang masih DPO masing-masing berinisial YA (44), HW (22), BA (21), dan PW (21), serta seorang lannya NW (35) merupakan pelaku kerusuhan di jembatan Wouma.

Ke-16 tersangka yang ditahan ialah Identitas para tersangka ialah DM, RW, DJ, AKYP, ES, NT, SK, LE, P, TTIN, MMA, JW, PH, RA, dan AMU.

Sementara barang bukti yang diamankan adalah motor bekas terbakar, mobil hilux, rekaman video, panah, parang, pisau, kapak, jerijen berisi bahan bakar, dan batu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, para tersangka dijerat dengan pasal sesuai dengan perannya masing-masing yakni Pasal 187 KUHP tentang Pembakaran dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara, 170 KUHP tentang pengerusakan terhadap orang atau barang secara bersama-sama di muka umum dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara, dan pasal 160 KUHP tentang menghasut seseorang untuk melakukan tindak pidana.

Kerusuhan di Papua (Ist)

"Pasal itu yang disangkakan kepada para tersangka. Ancamannya maksimal 6 tahun penjara dan pasal 351 ayat 3 KUHP tentang Penganiayaan mengakibatkan kematian dengan ancaman penjara 7 tahun penjara," kata Kamal di Mapolda Papua, Rabu (30/10/2019).

Ia menjelaskan, pihak Polres Jaya Wijaya sudah berkoordinasi dengan pihak kejaksaan.

"Perkembangan proses penyidikan sendiri sebagian berkas sudah tahap satu ke Kejaksaan Negeri Wamena. Yang belum akan segera dilengkapi, "katanya.


Baca Juga : Diangkut Hercules, 128 Pengungsi Kembali ke Wamena

Sementar, kondisi Kota Wamena pasca kerusuhan tersebut telah kondusif, terlebih jaminan keamanan dari pihak TNI Polri, dan datangnya Presiden Joko Widodo dan mendagri melihat langsung kondisi Wamena. Aktivitas jual beli, pendidikan, dan lainnya sudah berjalan. Meski begitu, aparat keamanan masih terus berjaga di beberapa titik di Kota Wamena.


Baca Juga : Menko Polhukam Mahfud MD Cari Pendekatan Baru Selesaikan Masalah Papua

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini