Langkah Mulus Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

Edi Hidayat, Okezone · Kamis 31 Oktober 2019 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 30 337 2123794 langkah-mulus-komjen-idham-azis-jadi-kapolri-DS34H34Dtk.jpg Komjen Idham Aziz dan Keluarga (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Langkah Komjen Pol Idham Azis menjadi kapolri berjalan mulus sesuai dengan doa yang dipanjatkannya sebelum menjalani fit and proper test yang dilakukan Komisi III DPR RI, Rabu 30 Oktober 2019.

"Saya memohon doa restu teman-teman semua, seluruh masyarakat Indonesia semoga fit and proper test saya bisa berjalan mulus," kata Idham kemarin.

Calon Tunggal yang Dipilih Jokowi

Idham Azis

Diketahui Komjen Pol Idham Azis yang sebelumnya menjabat sebagai Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri itu menjadi calon tunggal sebagai calon Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke DPR RI.

Idham yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian pada 1988 mengaku tak pernah mimpi untuk menjadi Kapolri hingga akhirnya diminta langsung oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Jenderal Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Baca Juga: Komisi III: Kami Yakin Idham Aziz Sanggup Jalankan Tugas Sebagai Kapolri

Kunjungan DPR RI ke Rumah Idham Azis

Idham

Sebagai langkah awal, Idham harus menjalani fit and proper test yang dilakukan Komisi III DPR RI. Bahkan Komisi III DPR RI itu awalnya menemui keluarga Idham di kediamannya.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Junaidi Mahesa mengungkapkan kunjungan pihaknya ke rumah calon Kapolri, Komjen Idham Azis, guna mencari tahu seberapa baik hubungan keluarga Idham.

Desmon mengatakan, dalam pertemuan itu pihaknya akan melakukan dialog bersama Idham Azis beserta istri dan anak-anaknya. Mereka mencari tahu kehidupan pribadi Idham, mulai sekolah hingga harmonisasi di dalam keluarga.

"Biasanya tentang keluarga, harmonisasi keluarga, sekolah anak-anak. Kita akan lihat gaya hidup dan macam-macam akan kita nilai," ungkap Desmond di lokasi kunjungan.

DPR RI Setuju Idham Azis jadi Kapolri

Idham

Langkah Komjen Idham Azis menjadi mejadi Kapolri semakin jelas setelah menjalani fit and proper test dengan bersama Komisi III DPR RI. Setelah menjalani beberapa tanya jawab, DPR RI akhirnya menyetujui pencalonan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri.

"Saya juga mohon doa restu untuk bisa melaksanakan amanah ini dengan rasa penuh tanggung jawab. Saya juga berterima kasih kepada teman2 dan komisi III yang telah melaksanakan fit and proper ters ini ponuh dengan kekeluuargaan," kata Idham.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini