Share

Kejagung Tangkap 348 Buronan Termasuk Stefanus Farok dalam Kasus Century

Puteranegara Batubara, Okezone · Rabu 30 Oktober 2019 18:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 30 337 2123754 kejagung-tangkap-348-buronan-termasuk-stefanus-farok-dalam-kasus-century-Yh35SpjAMJ.jpg Gedung Kejaksaan Agung (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) menangkap Stefanus Farok Nurtjahja yang merupakan terpidana perkara Perkara Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dalam Kasus Bank Century. Pasalnya, dia sudah buron sejak tahun 2014.

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Mukri menyatakan bahwa, sampai saat ini Korps Adhyaksa sudah menangkap 348 buronan sejak tahun 2018. Hal ini diatur dalam program Tangkap Buronan (Tabur).

"Perlu diketahui bahwa, ini adalah termasuk dalam program tabur, Tangkap Buronan (Tabur 31.1). yang sejak 2018. Dan ini adalah merupakan penangkapan yang ke-348 sejak digulirkan Tabur. Dan ini adalah merupakan yang ke 141 dalam tahun 2019," kata Mukri di Gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Kejagung

Baca Juga: Kabur sejak 2014, Kejagung Tangkap Buron Kasus Bank Century Stefanus Farok

Menurut Mukri, program Tabur ini akan terus digalakkan demi memberikan kepastian penegakan hukum di Indonesia. Tentunya, melalui proses aturan hukum yang berlaku.

"Kami akan teruskan program ini, tapi kita akan intensifkan, kami optimalkan seluruh upaya yang ada, yang kita miliki dalam rangka untuk mencari para buronan para tahanan yang tentunya setelah kita lakukan pemanggilan secara patut, dua kali untuk kita lakukan eksekusi atau dalam rangka menjalankan proses hukum," papar Mukri.

Aturan hukum yang dimaksud, kata Mukri tetap harus mengutamakan azas praduga tak bersalah. Namun, apabila seseorang tak kooperatif dalam melakukan proses hukum, maka Kejagung akan melakukan upaya tegas.

"Namun, ketika, yang bersangkutan tidak hadir maka Konsekuensinya kita akan lakukan upaya paksa," tutup Mukri.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini