Share

DPR Setuju Komjen Idham Azis Jadi Kapolri

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 30 Oktober 2019 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 30 337 2123705 dpr-setuju-komjen-idham-azis-jadi-kapolri-sMbsHQwXFC.jpg Komjen Idham Azis menjalani fit and proper test sebagai calon Kapolri (Foto: Muhamad Rizky)

JAKARTA - Komisi III DPR RI menyetujui usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Azis menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Persetujuan diberikan setelah Idham Azis menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

Idham akan menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang mengundurkan siri lantaran ditunjuk Presiden Jokowi sebagai sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) di Kabinet Indonesia Maju.

"Semua fraksi berkseimpulan bahwa tidak perlu membuat pandangan fraksi, namun keputusan melalui ketua kelompok komisi, yaitu aklamasi," kata Ketua Komisi III, Herman Hery saat pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan di Ruang Sidang Komisi III, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga:  Komjen Idham Azis Optimis Mampu Selesaikan Tantangan Polri

Komjen Idham Azis Foto: Muhamad Rizky

Sembilan fraksi di Komisi III itu menilai Idham telah berhasil menjalani proses uji kepatutan dan kelayakan dengan baik. Setelah ini, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR agar dibawa ke sidang paripurna.

"Aklamasi untuk menyetujui Komjen Idham Aziz sebagai Kapolri yang mana kita langsung sore ini pada keputusan tingkat I. Sore ini kami langsung bersurat kepada pimpinan DPR untuk dibawa ke Paripurna besok," ujarnya.

Sementara itu, Idham memastikan akan berkomitmen penuh apabila nantinya resmi sebagai orang nomor satu di Korps Bhayangkara tersebut.

"Pelaksaanan rangkaian fit and proper test, sekali lagi di dalam ruang yang mulia dan tehromat ini, izinkan saya memberikan suatu komitmen saya, akan melaksanakan tugas secara baik dan penuh rasa tanggung jawab melalui slogan pengabdian yang terbaik untuk institusi Polri," ujarnya.

Baca Juga: Uji Kepatutan dan Kelayakan, Calon Kapolri Idham Azis Tawarkan 7 Program Prioritas (Ari)

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini