Share

Fit and Proper Test Calon Kapolri, Komisi III Kunjungi Kediaman Idham Azis

Muhamad Rizky, Okezone · Rabu 30 Oktober 2019 08:07 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 30 337 2123449 fit-and-proper-test-calon-kapolri-komisi-iii-kunjungi-kediaman-idham-azis-IYLKUqpFM8.jpeg Ketua Komisi III DPR RI, Herman Herry. (Foto : Okezone.com/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA – Komisi III DPR RI akan menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesai (Kapolri) Komisaris Jenderal Idham Azis. Fit and proper test tersebut diawali dengan kunjungan Komisi III ke kediaman Idham Azis.

Ketua Komisi III Herman Hery mengatakan, kunjungan ke rumah calon tunggal Kapolri itu dilaksanakan hari ini Rabu (30/10/2019) sekira pukul 09.00 WIB.

"Agendanya adalah besok pagi (hari ini) jam 9 kami akan mengunjungi kediaman calon Kapolri untuk melihat latar belakang kehidupan beliau pribadi dan keluarganya," tuturnya di Gedung DPR/ MPR RI Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.

Idham Azis saat menjabat Kapolda Metro Jaya. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

Setelah kunjungan, kata Hery, Komisi III akan mendengarkan masukan dari masyarakat di DPR. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan fit and proper test berupa mendengarkan visi misi calon dan pendalaman dari masing-masing fraksi.

"Mungkin malam harinya kami akan lakukan penetapan calon Kapolri terpilih yang sudah dibuatkan keputusan tingkat pertama di Komisi III, kemudian hari Kamis kami teruskan ke paripurna," ujarnya.


Baca Juga : Calon Kapolri Idham Azis Diharapkan Jaga Roh Pancasila di Era Global

Sebelumnya diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Kabareskrim Komjen Idham Azis sebagai Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk menjadi Mendagri.

Baca Juga : Sudah Lama Kerja Bareng, Tito Sebut Idham Azis Sosok yang Tegas

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini