Pilwalkot Solo, PDIP Sebut Gibran Tak Spesial Meski Anak Jokowi

Fadel Prayoga, Okezone · Rabu 30 Oktober 2019 06:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 30 337 2123410 pilwalkot-solo-pdip-sebut-gibran-tak-spesial-meski-anak-jokowi-vS0daZ7Gvg.jpg Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat (foto: Okezone.com)

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka sedang berusaha mencari dukungan politik dari berbagai tokoh politik PDIP, di daerah maupun pusat untuk maju di Pilkada Kota Solo 2020 mendatang.

Namun, meski berstatus sebagai anak dari Presiden Jokowi, partai berlambang banteng moncong putih itu tak lantas memprioritaskan yang bersangkutan untuk langsung diajukan sebagai calon wali kota di perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Enggak ada (yang spesial). Semua (kader) sama perlakuannya,” kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kepada Okezone, Rabu (30/10/2019).

 Baca juga: Ada Wacana Disandingkan dengan Cucu Soekarno, Gibran Mengaku Baru Dengar

Menurut dia, selama Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno belum mengeluarkan surat rekomendasi terkait kader yang dipilih untuk maju dalam Pilkada Kota Solo, maka semua anggota partai memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi calon Wali Kota Solo.

“Tunggu DPP, belum kasih keputusan untuk siapa yang direkomendasi. Jadi artinya siapapun itu punya hak sebelum keputusan dari DPP partai,” ujarnya.

 Baca juga: Puan Sebut Peluang Gibran Maju Pilwalkot Solo Masih Terbuka

Ia menjelaskan, tahapan seorang kader untuk menjadi seorang calon kepala daerah dari partainya itu melalui proses yang cukup panjang. Salah satunya yaitu mengukur tingkat elektabilitas seseorang yang akan bertarung dalam sebuah pesta demokrasi.

“Bagaimana surveinya, elektabilitasnya. Tetap nanti akan ada fit and proper di partai,” katanya.

Sebelumnya Gibran mengaku telah bertemu dengan para petinggi partai saat pelantikan para Menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara. Saat bertemu dengan para petinggi partai, semuannya mendukung dan tak menutup beberapa penjajakan calon wakil untuk ditawarkan padanya.

Namun, soal siapa wakil yang akan dicalonkan, Gibran belum mau memikirkannya. "Insya Allah semuannya welcome. Ada beberapa pendekatan (calon wakil) tapi itu nanti dulu. Waktunya masih lama," kata Gibran, kemarin. (wal)

(DNA)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini