Al Baghdadi Tewas atau Tidak, ISIS di Indonesia Harus Diwaspadai

Fahreza Rizky, Okezone · Selasa 29 Oktober 2019 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 29 337 2123308 al-baghdadi-tewas-atau-tidak-isis-di-indonesia-harus-diwaspadai-PhU0pnYmIy.jpg Menko Polhukam Mahfud MD (Foto : Okezone.com/Dede)

JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menilai pergerakan sel ISIS di Indonesia harus tetap diwaspadai pasca tewasnya Abu Abu Bakar Al-Baghdadi yang merupakan pemimpin ISIS.

Ia dilaporkan tewas meledakkan diri usai terdesak pasukan khusus AS yang menyergap di kediamannya di Idlib, Suriah.

"Kalau di Indonesia, tewas atau tidak tewas Al Baghdadi, ISIS itu harus diwaspadai, tetap harus ditindak secara hukum kalau ada di sini. Itu kan jelas-jelas melawan rakyat dan melawan negara Indonesia, ISIS dengan sejarah ideologinya itu beroperasi disini," kata Mahfud di Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Abu Bakar Al Baghdadi (Foto : AFP)

Mahfud menegaskan sikap pemerintah Indonesia tidak berubah terhadap ISIS pasca tewasnya Al Baghdadi. Pergerakan sel-sel ISIS di tanah air harus tetap diwaspadai.

"Jadi tidak ada pengaruhnya terhadap sikap kita. Tewas atau tidak tewas, Al Baghdadi tidak tewas pun sikap kita sama dengan ISIS. Masyarakat harus berhati-hati. Tetap saja tidak boleh sembarang bertindak, aparat, apakah itu TNI dan Polri. Harus dilihat betul apakah betul-betul yang diduga ISIS itu punya kapasitas jadi ISIS yang sungguhan," ucapnya.

Baca Juga : Pimpinan ISIS Tewas, Polri Waspada Pergerakan Teroris di Indonesia

Karena itu, sambungnya, pendekatan kemanusiaan harus tetap dilakukan.

"Jangan sampai mengorbankan manusia yang tidak berdosa atau yang dosanya tidak setimpal dengan tuduhan yang dilakukan dan tindakan yang dilakukan terhadapnya. Jadi haus hati-hati. Karena Indonesia ini merdeka kan untuk melindungi manusianya kan. Yaitu manusia Indonesia," ujarnya.

(aky)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini