nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Anggap Dukungan Amien Rais ke Prabowo Jadi Menhan Ada Syaratnya

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 29 Oktober 2019 14:11 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 29 337 2123105 gerindra-anggap-dukungan-amien-ke-prabowo-jadi-menhan-ada-syaratnya-pYQzlCc8xk.jpg Sufmi Dasco Ahmad

JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais memberikan kesempatan kepada Prabowo Subianto yang menjadi Menteri Pertahanan di pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf.

Melihat hal itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco menilai ada syarat atas dukungan Amien kepada Prabowo untuk menjadi Menhan.

“Tanggapan saya, setelah saya lihat bahwa Pak Amien Rais merestui Pak Prabowo akan mendukung menjadi Menteri Pertahanan juga dengan syarat. Dengan syarat bahwa Pak Amien itu juga akan ikut membantu memonitor supaya langkah-langkah yang dilakukan oleh Pak Prabowo itu memang berguna bagi masyarakat bangsa dan negara,” ungkap Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (29/10/2019).

Amien Rais

Meski memandang ada syarat di balik dukungan Amien kepada Prabowo, Wakil Ketua DPR ini memastikan Ketumnya tak mempunyai janji politik dengan Amien Rais.

“Setahu saya tidak ada janji politik apa-apa,” tegas dia.

Baca Juga : Polda Metro Terus Memproses 7 Debt Collector Penyekap Dirut PT Maxima

Baca Juga : Nico Siahaan Dicecar KPK soal Uang Rp250 Juta dari Mantan Bupati Cirebon

Prabowo Subianto (Foto : Okezone.com/Arief J)

Selain itu, kata Dasco, Partai Gerindra juga memandang positif dukungan tersebut. Ia berharap adanya dukungan Amien justru dapat membuat Prabowo lebih baik dalam mengemban tugas di Kemenhan.

“Ya Pak Amien Rais positif saja. Kan dia memang dari beliau temen koalisi kita dari sejak lama. Sehingga apa yang disampaikan Pak Amien itu merupakan support terlebih support kepada Pak Prabowo sehingga Pak Prabowo dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” ujar Dasco.

Diketahui Ketua Dewan Kehormayan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais akhirnya buka suara terkait masuknya Prabowo Subianto ke Kabinet Indonesia Maju. Ia meminta Ketum Gerindra itu diberi kesempatan untuk membuktikan kemampuannya ssbagai Menteri Pertahanan di pemerintahan Joko Widodo-Ma’aruf Amin.

"Ya saya sudah ketemu dengan Pak Prabowo. Kemudian saya mengatakan embanlah tugas sesuai cita-cita kita semua," ujar Amien Rais di Yogyakarta, Minggu 27 Oktober 2019 malam.

Amien berkata, Prabowo maupun Kabinet Indonesia Maju perlu diberikan waktu 3 bulan sampai 1 tahun dalam bekerja. Kalau akhirnya Prabowo tidak mampu bekerja sesuai yang dijanjikan maka Amien siap menegurnya.

Menurutnya, kabinet yang akhirnya diisi oleh dua tokoh Gerindra itu tidak perlu dicaci maki sebagai kabinet yang tidak profesional atau carut marut. Kemudian Amien menyatakan, mengambil sikap yang fair atau adil pada kabinet dengan memberikan tenggat waktu untuk membuktikan kinerjanya.

"Kalau tidak mutu, tidak sesuai cita-cita yang dijanjikan, maka kita harus mengambil peran yang lebih nyata. Supaya dijewer bila tidak mendeliver sesuai janjinya,” ucap Amien.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini