nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekomendasi Komnas HAM Terkait Kerusuhan 21-23 Mei

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 19:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 28 337 2122826 rekomendasi-komnas-ham-terkait-kerusuhan-21-23-mei-LlsdvHZ9YA.jpg Komnas HAM (Foto: Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Usai menemukan beberapa temuan dari peristiwa kerusuhan yang terjadi pada 21-23 Mei di depan Gedung Bawaslu RI, tim pencari fakta yang dibentuk oleh Komnas HAM RI memberikan rekomendasi kepada pemerintah.

Kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Komnas HAM berharap ada upaya dan langkah-langkah yang diambil untuk mencegah terulangnya lagi peristiwa serupa.

"Demi tujuan itu, Presiden perlu memastikan Polri menindaklanjuti proses hukum terhadap semua pelaku yang telah mendorong terjadinya kekerasan dalam peristiwa 21-23 Mei 2019," ucap Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Baca Juga: Komnas HAM Temukan Dugaan Pelanggaran saat Kerusuhan 21-23 Mei, Ini Respons Polri 

Aksi 22 Mei Foto: Okezone

Sementara itu, untuk kepolisian RI, Komnas HAM ingin adanya kelanjutan dari penyelidikan dan penyidikan atas jatuhnya 10 orang korban jiwa, hingga pelaku penembakan dan penyokong aksi terungkap.

"Memberikan sanksi dan hukuman kepada anggota Polri yang melakukan tindakan dan kekerasan yang berlebihan di luar kepatutan," ungkapnya.

Kemudian, Komnas HAM ingin Menteri Kesehatan untuk memastikan tersedianya layanan kesehatan, serta juga Menteri Komunikasi dan Informasi RI agar meningkatkan peran pengelola, dan penyedia informasi.

Baca Juga: Komnas HAM Temukan Pelanggaran dan Kekerasan oleh Polisi di Kerusuhan 21-23 Mei 

Serta juga kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang perlu lebih cermat, dan responsif dalam penyelenggaraan pemilihan umum, dan juga terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

"Memastikan adanya standard operations Procedure (SOP) layanan kesehatan dalam situasi tertentu, sehingga korban bisa tertangani secara paripurna," kata Beka.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini