Ma'ruf Amin: Kalau Tak Ada Perlawanan dari Pemuda, Belum Tentu Indonesia Merdeka

Fahreza Rizky, Okezone · Senin 28 Oktober 2019 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 337 2122611 ma-ruf-amin-kalau-tak-ada-perlawanan-dari-pemuda-belum-tentu-indonesia-merdeka-EEDlUFxfKg.jpg Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Acara Musyawarah Besar X Pemuda Pancasila (foto: Biro Pers Setwapres/Ist)

JAKARTA - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin menghadiri acara penutupan Musyawarah Besar (Mubes) X Pemuda Pancasila. Dalam kesempatan itu, ia mengaku merasa muda kembali. Ia juga berkisah tentang makna Sumpah Pemuda.

"Di depan para pemuda saya merasa kembali muda. Tapi bukan umurnya yang kembali, umur tidak bisa kembali. Tapi semangatnya yang harus kembali," kata Ma'ruf di Hotel Sultan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Baca Juga: 91 Tahun Sumpah Pemuda, Jokowi: Mari Bergandengan Tangan Menggerakkan Indonesia 

Wapres Maruf Amin di usyawarah Besar (Mubes) X Pemuda Pancasila (foto: KIP-Setwapres/Ist)

Ma'ruf berkata kala itu kaum muda telah berhasil membangun kesadaran tentang kebangsaan, persatuan dan keindonesiaan melalui Sumpah Pemuda. Pemuda juga berani menggerakkan perlawanan untuk mengusir penjajah.

"Artinya itu kita orang-orang mudalah yang sebenarnya pertama menyadari pentingnya keindonesiaan, pentingnya persatuan dan pentingnya kebangsaan," ujarnya.

"Para pemudalah yang kemudian menggerakkan perlawanan untuk mengusir penjajah. Para pemuda yang memaksa para tokoh untuk memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Kalau tidak ada paksaan dari kalangan muda, belum tentu proklamasi terjadi pada 17 Agustus 1945," sambung Ma'ruf.

Kemerdekaan, sambung Ma'ruf, adalah pintu gerbang lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Ia pun menyebut Pancasila sebagai titik temu atau kalimatun sawa.

"Pancasila bagi kita bangsa Indonesia adalah merupakan titik temu dari berbagai macam suku bangsa, agama, dan kepercayaan," tutur dia.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Penutupan Mubes Pemuda Pancasila

Wapres Maruf Amin di usyawarah Besar (Mubes) X Pemuda Pancasila (foto: KIP-Setwapres/Ist)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini