KPK : Pemuda Harus Terdepan Berantas Korupsi di Indonesia

Puteranegara Batubara, Okezone · Senin 28 Oktober 2019 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 337 2122597 kpk-pemuda-harus-terdepan-berantas-korupsi-di-indonesia-jQWaTjC9bN.jpg Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Foto : Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merefleksikan perjuangan anak muda zaman dahulu ketika masa perjuangan sebagaimana tertuang dalam peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober tiap tahunnya. Sesuai dengan lembaganya, KPK berharap pemuda-pemudi Indonesia dewasa ini mampu berada dibarisan paling depan untuk memberantas praktik korupsi.

"Penegakan hukum utamanya hukum hukum anti korupsi yang akan mengawal mimpi negeri ini dimasa depan yang dimana Pemuda berada di depan, di tengah dan belakangnya," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang kepada Okezone, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Karena itu, Saut menekankan, peran pemuda untuk mulai membersihkan negara ini dari para koruptor sangat diperlukan demi keberlangsungan masa depan NKRI.

Foto : Kemendikbud

Menurut Saut, pembersihan itu dapat dimulai dengan melebihi dari sekadar batasan UU, peraturan, dan Kode etik. Pasalnya, kata Saut, hal itu dapat melanjutkan nilai yang dimiliki dan dipahami tentang integritas bangsa yang Jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan Adil.

"Dimana 1928 kita sudah memiliki Value melebihi hanya sekedar UU, peraturan, kode etik, dan seterusnya," ujar Saut.

Baca Juga : Anies Harap Ketimpangan Dientaskan dengan Menghadirkan Keadilan

Saut menambahkan, esensi dari sumpah pemuda adalah kesamaan visi-misi tanpa kecuali tentang apa peran dan latar belakang tentang menuju seperti apa indonesia dimasa depan.

"Dari situasi resouces yang miliki dan hadapi saat ini. Apa yang bisa kita simpulkan dari Kekuatan kita 1928 itu menuju masa depan itu, yang jauh melebihi konstusi negara ini ada (1945) adalah esensi lain dari sumpah pemuda yang diartikan "beyond" dari soal soal administrasi negara," tutup Saut.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini