nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 28 Oktober: Deklarasi Sumpah Pemuda Hingga Kemerdekaan Cekoslowakia

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Senin 28 Oktober 2019 08:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 28 337 2122465 peristiwa-28-oktober-deklarasi-sumpah-pemuda-hingga-kemerdekaan-cekoslowakia-vOOGhA6Nnz.jpg Ilustrasi Deklarasi Sumpah Pemuda (Foto: Okezone)

JAKARTA - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 28 Oktober dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 28 Oktober kemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 28 Oktober dari tahun ke tahun merujuk Wikipedia. Berikut ulasan singkat peristiwa penting pada 28 Oktober hasil rangkuman Okezone:

1. Deklarasi Sumpah Pemuda

Sumpah

Pada 27 Oktober 1928, digelar kongres pemuda II yang menghasilkan keputusan penting yakni sumpah pemuda. Sumpah pemuda diikrarkan oleh para pemuda yang menegaskan cita-cita 'Tanah Air Indonesia', 'bangsa Indonesia', dan 'bahasa Indonesia' tepat pada 28 Oktober 1928 atau sehari setelah kongres pemuda II.

Kongres pemuda II dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito dari Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Kongres pemuda II hari pertama digelar di Gedung Katholikee jongelingen Bond (Gedung Pemuda Katolik) dan hari kedua di gedung Oost Java (sekarang di Medan Merdeka Utara Nomor 14).

Kongres pemuda II yang kemudian dikenal dengan tujuan sumpah pemuda memiliki maksud yakni melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia, membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, memperkuat kesadaran kebangsaan indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia.

Sumpah pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

2. Galaksi NGC 31 dan NGC 28 Ditemukan

Galaksi

Pada 28 Oktober 1834, Astronom asal Inggris, John Herschel menemukan Galaksi NGC 31. Galaksi NGC 31 merupakan galaksi spiral yang terletak di rasi bintang Phoenix.

Tak hanya NGC 31, Galaksi NGC 28 juga ditemukan pada tanggal dan tahun yang sama. NGC 28 ditemukan oleh William Herschel. NGC 28 merupakan galaksi eliptis yang terletak di rasi bintang Phoenix.

3. Cekoslowakia Merdeka dari Austria - Hongaria

Ceko

Cekoslowakia merupakan negara berdaulat di Eropa Tengah yang merdeka pada 28 Oktober 1918. Cekoslowakia merdeka dari Kekaisaran Austro - Hongaria.

Namun, negara ini bubar dan pecah menjadi Republik Ceko dan Slowakia pada 1 Januari 1993. Cekoslowakia bubar dengan cara damai dan mendirikan republik Ceko dan Slowakia yang berdaulat masing - masing.

4. Bapak Liberalisme John Locke Tutup Usia

Liberalisme

John Locke, sosok yang sering disebut sebagai Bapak Liberalisme meninggal dunia tepat pada 28 Oktober 1704. Filsif asal Inggris tersebut menghembuskan nafas terakhirnya di usia 72 tahun. Dia dikenal sebagai salah satu tokoh utama yang memulai pendekatan empirisme.

John Locke terkenal dengan karya-karyanya yang banyak dipengaruhi oleh filsuf terdahulu yakni Plato, Aristoteles, hingga Ibnu Sina. Salah satu karya pertama John Locke yang cukup terkenal yakni 'Sebuah Surat Perihal Toleransi'.

5. Lahirnya Pendiri Microsoft, Bill Gates

Bill gates

William Henry Gates III atau yang karib disapa Bill Gates lahir di Seattle, Washington, Amerika Serikat (AS). Bill Gate dikenal sebagai mantan CEO Microsoft yang kini menjabat sebagai ketua Microsoft.

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar orang terkaya versi Forbes sejak 1993 hingga tahun 2007. Kekayaan Gates pernah melewati angka 101 miliar dolar AS.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini