Ketua MPR: Sumpah Pemuda Tahun Ini Jadi Refleksi Sejarah Kesadaran Anak Bangsa

Arie Dwi Satrio, Okezone · Senin 28 Oktober 2019 01:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 28 337 2122440 ketua-mpr-sumpah-pemuda-tahun-ini-jadi-refleksi-sejarah-kesadaran-anak-bangsa-ljd3QbtYnX.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Foto: Okezone)

JAKARTA ‎- Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak anak-anak muda Indonesia untuk merefleksikan kembali momen yang terjadi pada 28 Oktober 1928 atau tepat pada 91 tahun silam. Momen itu yakni deklarasi sumpah pemuda, ikrar yang disepakati oleh seluruh pemuda untuk Indonesia merdeka‎.

"Peringatan hari Sumpah Pemuda hari ini, mengingatkan kita kembali akan 'sejarah kesadaran' anak-anak bangsa pada 91 tahun silam, yakni Sumpah Pemuda," kata Bamsoet melalui pesan singkatnya kepada Okezone, Senin (28/10/2019).

Bamsoet

Baca Juga: Ketua MPR Persilakan Mahasiswa Demo Asal Tertib

Menurut Bamsoet, ‎apa yang terjadi pada 28 Oktober 1928 merupakan cikal bakal kemerdekaan bangsa Indonesia. Para pemuda saat itu, katanya, melahirkan kesatuan pemikiran untuk melakukan pergerakan melawan penjajahan.

"Karena itulah kita bersyukur, semangat sumpah pemuda masih menjiwai semangat Pemuda untuk membangun masa depan bangsa yang semakin baik, selaras dengan ikrar Pemuda Pancasila yang berbunyi: Bertanah air satu, tanah air Indonesia; Berbangsa satu, bangsa Indonesia; Berideologi satu, ideologi Pancasila," tekannya.

‎Politikus Golkar tersebut meminta agar peringatan sumpah pemuda yang jatuh tepat pada hari ini, dapat dijadikan tonggak baru para pemuda untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila. Bamsoet meminta agar ada langkah nyata yang dilakukan pemuda untuk membumikan Pancasila.

"Peringatan Hari Sumpah Pemuda harus menjadi tonggak baru para pemuda dalam kerangka memantapkan dan mengkonsolidasikan langkah-langkah terbaik dan nyata dalam membumikan nilai-nilai Pancasila," ujarnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini