nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemberian Bantuan Hukum Gratis bagi Masyarakat Sesuai Amanat UU Advokat

Rizka Diputra, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 07:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 27 337 2122249 pemberian-bantuan-hukum-gratis-bagi-masyarakat-sesuai-amanat-uu-advokat-yr4ISPLj9c.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) turut berpartisipasi dalam pameran Legal Expo 2019 yang diselenggarakan di Plaza Semanggi, Jakarta. Berbagai kegiatan dilakukan, di antaranya konsultasi hukum gratis, pemberian informasi tentang organisasi Peradi hingga tata cara dan syarat untuk menjadi advokat.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) selaku penyelenggara sangat mengapresiasi kontribusi Peradi tersebut. Dirjen HAM, Mualimin Abdi yang didapuk mewakili Menkum HAM membeberkan maksud dan tujuan digelarnya Legal Expo 2019. Menurutnya, kegiatan ini menjadi ruang komunikasi antar lembaga penegak hukum dengan masyarakat.

"Apresiasi yang tinggi kepada seluruh pendukung acara yang telah berhasil menjadi ruang komunikasi antar lembaga penegak hukum sesuai tujuan diadakannya Legal Expo sebagai kanal informasi tentang penegakan hukum bagi masyarakat," kata Mualimin.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Peradi, Zul Armain Aziz mengatakan, para pengujung yang datang ke stand Peradi mengaku sangat antusias dengan adanya pemberian konsultasi hukum gratis.

Baca juga: Beri Bantuan Hukum Gratis, Kemenkum HAM Apresiasi Peradi

"Mereka merasa sangat terbantu dalam mencari solusi untuk permasalahan hukum mereka," kata Zul, Minggu (27/10/2019).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Peradi, Thomas E. Tampubolon menyebut bahwa pihaknya kerap berpartisipasi dalam Legal Expo setiap tahunnya. Selain memberi konsultasi hukum gratis, Peradi juga memberi panduan tata cara serta syarat untuk jadi advokat anggota Peradi.

Dirjen HAM dan Waketum Peradi

Dirjen HAM dan Waketum Peradi/Tengah (Foto: Peradi)

"Kami selalu berusaha untuk terus terlibat dalam kegiatan yang positif bagi anggota-anggotanya yang berprofesi advokat tapi juga berusaha turut berperan aktif dalam mencerdaskan bangsa melalui kegiatan pemberian jasa konsultasi hukum gratis untuk masyarakat tidak mampu," terang Thomas.

Baca juga: Peradi Sebut PTUN Berperan Wujudkan Tata Kelola Good Governance

Menurutnya, kegiatan ini merupakan cara Peradi membantu masyarakat untuk memperoleh tegaknya hukum di Indonesia. Adapun konsultasi hukum gratis bagi masyarakat ini, dilayani para advokat berpengalaman dari Pusat Bantuan Hukum (PBH) Peradi dari cabang Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara.

"Pemberian jasa bantuan hukum gratis telah sesuai Undang-undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003," tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini