nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benahi 'Dosa Turunan' Dinilai Jadi Tantangan Utama Nadiem, Wishnutama, Hingga Erick Thohir

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 04:32 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 27 337 2122209 benahi-dosa-turunan-dinilai-jadi-tantangan-utama-nadiem-wishnutama-hingga-erick-thohir-nZswtPFEZM.jpg Presiden Jokowi dan Kabinet Indonesia Maju (Foto: Okezone/Arif)

JAKARTA - Pengamat Politik asal Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah Jakarta, Adi Prayitno mengatakan bahwa sejumlah menteri milenial baru di Kabinet Indonesia Maju akan men6ghadapi tantangan utama dalam menjalankan tugasnya. Tantangan itu yakni membenahi birokrasi yang lambat.

Tantangan tersebut diingatkan Adi untuk para menteri baru yakni, Mendikbud, Nadiem Makarim; Menteri Pariwisata, Wishnutama; hingga Menteri BUMN, Erick Thohir. Adi menyebut buruknya birokrasi di Indonesia seperti 'dosa turunan' yang mustahil dibenahi.

"Tantangan utama mereka membenahi birokrasi yang njlimet dan lambat. Ini bukan perkara mudah karena urusan birokrasi macam dosa turunan yang sukar dibenahi baik dari segi SDM dan etos kerja," kata Adi saat dikonfirmasi, Minggu (27/10/2019).

Kabinet

Baca Juga: Muhammadiyah Kecewa Posisi Mendikbud Diisi Nadiem Makarim

Adi meminta agar orang-orang yang baru pertama kali mendapat jabatan menteri harus dapat cepat beradaptasi dengan birokrasi di Indonesia. Sebab, birokrasi di Indonesia, dinilai Adi, masih sangat buruk.

"Mereka harus mengubah mental model birokrasi. Bukan sebaliknya justru menghambat, kaku, dan tak adaptatif dengan perkembangan zaman," kata Adi.

Menurut Adi, selain adaptif dengan birokrasi yang ada, mereka juga diminta untuk mewujudkan reformasi birokrasi yang kompleks. Pasalnya, reformasi birokrasi salah satu instrumen yang dapat mendongkrak kinerja pemerintah.

"Birokrasi sebagai instrumen mempercepat kinerja pemerintah yang melayani sepenuh hati," ujar Adi.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini