Pulang Kampung, Jusuf Kalla Disambut Ribuan Warga di Makassar

Herman Amiruddin, Okezone · Sabtu 26 Oktober 2019 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 26 337 2122016 pulang-kampung-jusuf-kalla-disambut-ribuan-warga-di-makassar-EAg6KqGITZ.jpg Mantan Wapres Jusuf Kalla dan istrinya Mufidah disambut warga saat tiba di Makassar, Sulawesi Selatan (Okezone.com/Herman)

MAKASSAR - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) pulang ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/10/2019). Putra Bugis itu mendapatkan sambutan hangat dari ribuan warga di kampung halamannya.

JK bersama istrinya Mufidah JK serta rombongan terbang dari Jakarta ke Makassar dengan pesawat Garuda Indonesia GA-604. Begitu tiba di Bandara Sultan Hasanuddin, Maros, sekira pukul 08.19 WIT, JK langsung disambut oleh Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Nurdin bersama ratusan orang mengantar JK dan Mufidah ke kediamannya di Jalan Haji Bau, Makassar. Di sana, ribuan warga berkerumun menyambut JK.

 JK

Jusuf Kalla dan Mufidah di Bandara Sultan Hasanuddin (Okezone.com/Herman)

Di perempatan Jalan Haji Bau-Arief Rate, JK disambut dengan Angngaru, sebuah tradisi masyarakat Bugis Makassar untuk membakar semangat prajurit sebelum terjun ke medan perang.

Baca juga: Wapres JK Ingin Kemiskinan di Indonesia Hilang pada 2030

Setelah itu, JK dan Mufidah kemudian berjalan menuju kediaman pribadi dengan diiringi salawat Badar. Para murid SD Atirah Makassar juga melantunkan bacaan Alquran.

Nurdin mengatakan antusiasnya warga menyambut JK karena sosok putra asal Bone itu masih sangat dibutuhkan bangsa dan negara terutama dari segi pemikirannya, sekalipun tidak lagi menjadi Wakil Presiden.

"Pak JK itu sebagai tokoh perdamaian dunia dan merupakan kebanggaan masyarakat Sulsel. Pak JK yang berhasil mendampingi dua Presiden, dan sosok yang tahu menempatkan diri sebagai Wakil Presiden yang baik," tuturnya.

JK pernah dua periode menjabat Wakil Presiden. Pertama mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) periode 2004-2009. Kedua jadi Wapres pendamping Presiden Joko Widodo 2014-2019.

Pada periode pertama menjabat Wakil Presiden, peran JK sangat mencolok. Dia berhasil mewujudkan perdamaian di Aceh yang selama 30 tahun dilanda konflik bersenjata antara Gerakan Aceh Merdeka dengan pemerintah Indonesia. JK juga berhasil meredam konflik berdarah di Ambon dan Poso.

Selain itu, JK juga berperan besar dalam memulihkan Aceh pasca-tsunami yang menewaskan lebih 200 ribu orang. Saat tsunami menerjang pada Minggu 26 Desember 2004, JK langsung turun tangan memimpin penanganan dengan sigap. Penanganan bencana tsunami Aceh dianggap berhasil dan menjadi contoh bagi dunia.

Selama di Makassar, JK juga dijadwalkan menghadiri HUT Kalla Group dan Family Gatheting di Nipah Mall.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini