nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Limpahkan Berkas Perkara 2 Tersangka Suap SPAM PUPR ke JPU

Muhamad Rizky, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 20:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 25 337 2121879 kpk-limpahkan-berkas-perkara-2-tersangka-suap-spam-pupr-ke-jpu-lWAc9GK0EU.jpg Gedung KPK (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah merampungkan berkas penyidikan dua tersangka penerima suap kasus proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) di Kementerian PUPR tahun anggaran 2018, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kedua tersangka tersebut yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua sekaligus Pengguna Anggaran, Mikael Kambuaya dan DM dari pihak swasta.

"Hari ini dilakukan pelimpahan berkas, barang bukti dan tersangka untuk dua tersangka dalam kasus TPK terkait pengadaan pekerjaan peningkatan Jalan Kemiri-Depapre di Kabupaten Jayapura pada APBD-P Pemprov Papua Tahun Anggaran 2015 ke penuntutan tahap II," ujar Juru bicara KPK, Febri Diansyah di KPK, Jumat (25/10/2019).

KPK

Baca Juga: Dua Tersangka Baru Suap Proyek SPAM Kemen-PUPR Diperiksa KPK

Dengan adanya pelimpahan tersebut, tim Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK memiliki waktu 14 hari untuk menyusun surat dakwaan agar segera disidangkan. Sidang sendiri rencananya digelar di Jayapura.

Febri mengungkapkan, selama merampungkan berkas penyidik telah meminta keterangan dari 128 saksi. Ratusan saksi tersebut terdiri dari berbagai unsur yakni 10 pejabat dan PNS di Pemprov Papua.

Sepuluhnya yakni: Ketua Tim Audit BPK Perwakilan Papua, Sekprov Papua 2015 (Penanggung Jawab ULP), Kepala BPKP Papua, Mantan Kepala Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Papua,

Kemudian, Staf Ahli Gub Papua, Bendahara Pemprov Papua, Kepala Seksi Pemeliharaan Jalan, Jembatan, dan Bina Teknik Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Pemprov Papua, Kabid Anggaran BPKAD Papua, Pengawas pada Dinas PU, PNS di dinas PU Provinsi Papua.

"(Sementara 118 orang lainnya) swasta," tutur Febri.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini