nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

30 Polisi Lingkungan Warga Bantu Uji Coba Kanalisasi 2-1 Jalur Puncak

Putra Ramadhani Astyawan, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 15:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 25 337 2121695 30-polisi-lingkungan-warga-bantu-uji-coba-kanalisasi-2-1-jalur-puncak-Oqzo7nrVnd.jpg Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Fadli Amri. (Foto: Okezone.com/Putra R)

BOGOR - Sebanyak 30 petugas yang tergabung dalam polisi lingkungan warga (Polingga) akan membantu pengaturan lalu lintas dalam uji coba rekayasa sistem kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Minggu 27 Oktober 2019.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Fadli Amri mengatakan, petugas Polingga tersebut merupakan inisiasi dari Persatuan Hotel Restoran (PHRI) Kabupaten Bogor untuk membantu pengaturan lalu lintas di Jalur Puncak dalam uji coba kanalisasi 2-1.

"Ini untuk membantu kita sesuai namanya polisi lingkungan warga mereka akan membantu kita untuk pengaturan lalu lintas, selain itu ini juga menjadi lapangan kerja yang diinisiasi dan didukung oleh PHRI," kata Fadli, Jumat (25/10/2019).

Fadli menjelaskan, para petugas dibekali dengan pembinaan pengaturan dasar lalu lintas baik teori maupun praktek. Nantinya, Polingga akan ditempatkan di sepanjang Jalur Puncak, mulai dari Simpang Gadog hingga Simpang Taman Safari.

(Foto: Putra R/Okezone)

"Titiknya masih kita rumuskan, tapi pada intinya mereka akan bergabung, tidak dilepas petugas, sifatnya membantu di wilayah Puncak ini. Kita sudah lakukan pembinaan teori atau praktek supaya lebih mengerti dan kita beri seragam," ujarnya.

Persiapan menjelang uji coba kanalisasi sudah selesai dilaksanakan. Pihaknya pun akan menerjunkan sebanyak 150 anggota yang dibantu dari instansi terkait lainnya.

"Persiapan sudah siap semua, peralatan, perlengkapan dan personel dari berbagai instasi nanti akan dikerahkan hari Minggu. Insya Allah sudah siap tinggal kita lihat nanti pelaksanaan di lapangan. Untuk Sabtunya masih kita lakukan oneway," ungkapnya.

Seperti diketahui, Satlantas Polres Bogor bersama Badan Pengelola Trasnportasi Jabodetabek (BPTJ) dan Pemkab Bogor akan melakukan uji coba rekayasa lalu lintas baru dengan sistem kanalisasi 2-1 di Jalur Puncak, Bogor pada 27 Oktober dan 3 November 2019.

Uji coba tersebut dilakukan guna mengakomodir keingian warga Puncak yang merasa terganggu aktivitasnya selama diberlakukan oneway. Setelah diuji coba, petugas akan melakukan evaluasi untuk mengetahui efektifitasnya dibandingkan oneway.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini