Nadiem Makarim dan Angela Tanoe, 2 Milenial Hebat di Kabinet Jokowi

Salman Mardira, Okezone · Jum'at 25 Oktober 2019 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 25 337 2121694 nadiem-makarim-dan-angela-tanoe-2-milenial-hebat-di-kabinet-jokowi-Iw70Hy01nS.jpg Angela Tanoesoedibjo saat di Istana Kepresidenan, Jakarta (Okezone.com/Arif)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melantik menteri dan wakil menteri periode 2019-2024. Ada dua sosok anak muda alias generasi milenial mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju. Adalah Nadiem Anwar Makarim dan Angela Tanoesoedibjo.

Nadiem Makarim, pendiri Go-Jek dipercaya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan Angela Tanoesoedibjo jadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan sudah dilantik oleh Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Nadiem Makarim sosok pengusaha muda sukses. Di usia baru 35 tahun, pria yang pernah mengenyam pendidikan S2 ilmu administrasi bisnis di Harvard Business School, Harvard University, Amerika Serikat ini sudah meraih  beberapa penghargaan dari keberhasilannya membangun aplikasi ojek online.Nadiem Makarim

Nadiem Anwar Makarim (Okezone.com/Arif)

Perusahaan transportasi berbasis daring yang dibangunnya kini sudah beroperasi bukan hanya di Indonesia, tapi juga sejumlah negara di Asia Tenggara.

Baca juga: Jadi Mendikbud, Ini Janji Nadiem Makarim

Sebagai Mendikbud, Nadiem mengatakan akan mendorong pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan Indonesia guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Peran teknologi akan sangat besar dalam semuanya, kualitas, efisiensi dan administrasi sistem pendidikan sebessar ini ya," kata Nadiem.

Dia meyakini generasi muda Indonesia kini mulai akrab dengan teknologi dan ini menjadi modal untuk kemajuan. “Masa depannya Indonesia menurut saya ada di anak muda," ujar Nadiem.Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo (Okezone.com/Arif)

Sementara Angela Tanoesoedibjo usianya baru 32 tahun. Lulusan S2 dari University of New South Wales ini menorehkan segudang prestasi, baik dalam dunia bisnis maupun politik. Dia terlibat di Partai Perindo dan berpengalaman dalam mengembangkan industri media, retail dan mengelola keuangan.

Baca juga: Jadi Wamenpar, Angela Tanoe Siap Bantu Wujudkan 10 Destinasi Wisata Baru

Angela pernah menduduki berbagai jabatan strategis di perusahaan-perusahaan milik MNC Group.

Presiden Jokowi saat memperkenalkan Angela sebagai Wakil Menparekraf memuji sosoknya yang masih muda dan kaya pengalaman. “Pengusaha yang berpengalaman di bidang media. pinter dalam promosi-promosi,” ujar Jokowi.

Angela mengatakan siap menjalankan amanah yang diberikan Jokowi.

“Kami akan melanjutkan arahan dari pak Jokowi untuk membangun 10 destinasi wisata baru dan lima yang akan menjadi prioritas utama kami,” kata Angela di Istana Merdeka.Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesoedibjo (Okezone.com/Arif)

“Saya bisa dikatakan (wakil menteri) paling muda, sekarang ini di umur 32 (tahun). Tapi saya memiliki background manajemen di bidang media, dan berbagai bidang lain seperti retail, finance dan banyak unit lainnya yang saya pegang,” sebut Angela.

“Semoga ini bisa membantu saya untuk bisa kerja secara kreatif, cepat, efisien dan punya high impact yang tinggi sekali.”

CEO Okezone.com Daniel Hartono menilai masuknya anak muda dalam pemerintahan membawa harapan baru dalam pembangunan bangsa di era digital seperti sekarang. Menurutnya, ini zaman anak muda harus berperan aktif dalam pemerintahan.

"Memasuki era peranan aktif kaum muda dalam pemerintahan, yang siap untuk membangun bangsa dan negara di zaman digital," kata Daniel Hartono.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini