nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DPR: Fit and Proper Test Idham Azis Dilakukan Usai Komisi III Terbentuk

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 25 Oktober 2019 13:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 25 337 2121632 dpr-fit-and-proper-test-idham-azis-dilakukan-usai-komisi-iii-terbentuk-DTvl2DQ7sY.jpg Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad. (Foto : iNews)

JAKARTA – Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, fit and proper test Komjen Idham Azis usai ditunjuk menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) bakal dilakukan setelah susunan pimpinan dan anggota Komisi III terbentuk.

"Segera (fit and proper test-red) setelah Komisi III terbentuk," ujar Dasco kepada wartawan, Jumat (25/10/2019).

Terkait penunjukan Idham menjadi Kapolri oleh Presiden Jokowi, Dasco menilai sosok Kabareskrim tersebut sangat kompeten dan memenuhi syarat, baik dari sisi pangkat maupun angkatan keanggotaan Korps Bhayangkara.

Karena itu, politikus Gerindra ini mendukung keputusan Presiden Jokowi yang telah mengusulkan Idham sebagai calon tunggal Kapolri.

Idham Azis saat menjabat Kapolda Metro Jaya. (Foto : Okezone.com/Muhamad Rizky)

"Oleh karena yang bersangkutan sangat kompeten, memenuhi syarat kualifikasi untuk jadi seorang Kapolri baik dari sisi kepangkatan maupun angkatan, saya mendukung penuh beliau untuk dijadikan Kapolri oleh Presiden Republik Indonesia," tuturnya.

Selain itu, Dasco menganggap Idham Azis sebagai pribadi pendiam. Meski begitu, ia dapat membuktikannya dengan kerja nyata.

"Sosok Idham Azis adalah sosok yang pendiam, sedikit bicara, banyak bekerja. Selama ini selalu bekerja dengan diam, tapi dengan hasil yang nyata," katanya.

Sekadar informasi, nama Kabareskrim Komjen Idham Azis sudah diajukan ke DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang telah dilantik sebagai Mendagri.

Surat Presiden yang berisi pengajuan Kapolri baru sudah diterima DPR pada Rabu, 23 Oktober 2019. Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan setelah anggota-anggota di Komisi III DPR ditetapkan.


Baca Juga : Lemkapi: Penunjukan Idham Aziz sebagai Kapolri Tak Masalah

Rencananya, Idham Azis akan menjalani fit and proper test pekan depan. Sementara itu, sebelum Idham Azis menjalani fit and proper test, Pelaksana tugas (Plt) Kapolri akan dijabat Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.


Baca Juga : Jadi Calon Kapolri, Idham Aziz Pernah Tangkap Tommy Soeharto Hingga Lumpuhkan Dr Azhari

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini