Kecewa Prabowo Masuk Kabinet Jokowi, FPI: Oposisi Juga Terhormat

Fahreza Rizky, Okezone · Jum'at 25 Oktober 2019 07:34 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 25 337 2121495 kecewa-prabowo-masuk-kabinet-jokowi-fpi-oposisi-juga-terhormat-D03RwRZxl0.JPG Prabowo Subianto resmi jadi Menhan di Kabinet Indonesia Maju (Foto: Okezone.com/Fakhri)

JAKARTA - Ketua Bantuan Hukum Front Pembela Islam (FPI), Sugito Atmo Pawiro mengaku kecewa terhadap langkah politik yang diambil Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memutuskan bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju sebagai Menteri Pertahanan (Menhan).

Kekecewaan ini dinilai wajar karena ketika Pilpres 2019, FPI total mendukung Prabowo-Sandi. Namun, kini mantan Danjen Kopassus itu malah pindah haluan politik dan masuk ke lingkar kekuasaan.

"Jadi, kalau kita kecewa tentu kecewa, karena oposisi juga terhormat. Kalau semua parpol gabung ke sana dan sisa tiga partai menengah itu kan enggak seimbang check and balances-nya," kata Sugito saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Kendati demikian, Sugito menghormati sikap politik yang diambil Prabowo. Pasalnya, Prabowo memang memiiki hak untuk menentukan sikapnya sendiri. Sugito berujar bahwa politik itu tidak bisa diprediksi. Sebab, kepentingan menjadi yang dominan dalam pengambilan keputusan.

"Tapi yang namanya politik itu unpredictable. Jadi, kepentingan politik dinamis dan kepentingan itu yang jadi dominan," ujar dia.

Prabowo Dilantik JokowiPrabowo saat dilantik Jokowi (Foto: Biro Pers Setpres RI)

"Sebenarnya kita berharap Prabowo berada di oposisi supaya check and balances. Tapi dia ambil keputusan itu hak Prabowo. FPI total mendukung Prabowo dan sekarang dia berubah haluan ya itu hak politik Prabowo," jelas Sugito.

Di sisi lain, Sugito mengungkapkan dirinya belum berkomunikasi dengan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab terkait pilihan politik Prabowo. Dengan demikian, Habib Rizieq hingga kini belum bisa menyampaikan pernyataannya terkait hal itu.

"Sementara ini saya belum berkomunikasi dengan Habib Rizieq apa sikapnya mengenai masalah pak Prabowo. Belum ada sikap atau pernyataan," tuntasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini