nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Tunjuk Yasonna Jadi Menkumham, Jokowi: Tugas Pak Menteri ke Depan Omnibus Law!

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 22:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 24 337 2121440 kembali-tunjuk-yasonna-jadi-menkumham-jokowi-tugas-pak-menteri-ke-depan-omnibus-law-kxdHObmUOh.jpg Menkumham Yasonna Laoly (foto: Okezone/Arif Julianto)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan penunjukkan Yasonna H Laoly kembali sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) karena dirinya ingin Yasonna melakukan perbaikan di Kemenkumham.

Jokowi juga memerintahkan Yasonna melakukan penyederhanaan regulasi atau omnibus law dengan merevisi 74 undang-undang.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Alasan Ajak Gerindra Gabung dan Jadikan Prabowo Menhan 

Pakai Kemeja Putih, Yasonna Laoly Tiba di Istana

"Karena saya sudah tahu Pak Menteri ini lama, secara pribadi, ya saya sampaikan, saya tugasi untuk memperbaiki, untuk mengkoreksi apa yang perlu diperbaiki. Tapi tugas besar menteri hukum dan HAM ke depan kepada Pak Menteri adalah mengenai Omnibus Law, ini pekerjaan besar," ujar Jokowi saat tatap muka bersama wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019).

Kepala Negara ingin regulasi di Indonesia dipangkas dan disederhakan guna menggundang investor ke Tanah Air. Sehingga, Yasonna akan merevisi 74 UU sekaligus bersama DPR.

Jokowi juga menekankan adanya perbaikan kualitas dan tata kelola lapas sehingga tak lagi ada over kapasistas bagi para narapidana.

"Bagaimana 74 undang-undang itu bisa direvisi sekaligus sehingga bisa memperbaiki pelayanan-pelayanan publik yang ada, pelayanan-pelayanan terhadap dunia usaha yang ada, sehingga betul-betul cipta lapangan kerja itu betul-betul konkrit dilakukan termasuk juga yang berkaitan dengan perbaikan tata kelola yang ada di lapas itu menjadi catatan yang saya berikan KPI," pungkasnya.

Baca Juga: Soal Konsep Omnibus Law, Pakar Hukum Nilai Perlu Lembaga Pusat Legislasi Nasional


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini