nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gibran Serius Maju di Pilwakot, PDIP Sebut Semua Keputusan Berada di Megawati

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 17:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 24 337 2121309 gibran-serius-maju-di-pilwakot-pdip-sebut-semua-keputusan-berada-di-megawati-7xOIM7LhfQ.jpg Gibran Rakabuming Raka (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gibran Rakabuming Raka semakin serius untuk maju bertarung di Pilwalkot Solo tahun 2020. Hal ini usai melangsungkan pertemuan dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristianto mengatakan keputusan akhir terkait pencalonan anak sulung presiden Joko Widodo (Jokowi) apakah maju atau tidaknya berada di tangan sang Ketum yakni Megawati.

“Kalau urusan Pilkada sudah ada mekanismenya, jadi nanti ada survei, ada pemetaan politik, baru keputusan politik yang diambil Ibu Megawati,” ujar Hasto di ‪Jalan Teuku Umar No.27, Menteng, Jakarta‬ Pusat, Kamis (24/10/2019).

Gibran ke Rumah Megawati

Hasto menjelaskan, di PDIP terdapat alur mekanisme dalam penjarangin calon kepala daerah. Apabila melalui Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo sudah tertutup, maka Gibran bisa mendaftarkannya melalui jalur lain yakni lewat DPD dan DPP PDIP.

"Kalau pendaftaran pintu masuh terbuka di DPD dan DPP, pintu masih terbuka bagi putra putri terbaik bangsa yang mau berkiprah jadi kepala daerah bisa daftar di DPP PDIP maupun DPD PDIP," ujarnya.

Baca Juga: Bertemu Megawati, Gibran Sampaikan Keseriusannya Maju di Pilwalkot Solo

Meski demikian, Gibran harus melawati berbagai persyaratan seleksi agar lolos untuk maju Pilwalkot Solo. Seperti harus lolos psikotes dan memiliki rekomendasi dari daerah.

“Seperti biasa. Kita kan pilkada udah puluhan kali, nanti usulan DPC, DPD, maupun yang daftar lewat DPP juga hasil pemetaan DPP digabung dan dilakukan pemetaan politk, diliat hasil psikotesnya dan diliat komitmennya bagi kemajuan Indonesia raya, itu akan dipetakan,” jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, dalam pertemuan dengan Megawati, Gibran mengaku turut membahas banyak hal. Salah satunya mengenai keseriusannya untuk maju di Pilwalkot Solo tahun 2020.

“Banyak hal saya sampaikan, keadaan Solo seperti apa. Saya sampaikan keseriusan saya untuk maju (Pilwalkot),” kata Gibran.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini