Share

Idham Aziz Calon Kapolri, Pimpinan DPR: Beliau Kompeten

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 24 Oktober 2019 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 24 337 2121302 idham-aziz-calon-kapolri-pimpinan-dpr-beliau-kompeten-u87GAYI88S.jpg Komjen Idham Aziz (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menggantikan posisi Jendral Tito Karnavian sebagai Kapolri usai diangkay menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Mengenai hal itu, Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Korpolkam), Aziz Syamsuddin mengatakan, Komjen Idham Aziz dianggap mampu untuk memenuhi syarat sebagai Kapolri.

"(Komjen Idham Aziz) Beliau kompeten dalam mengemban jabatan tersebut," ujar Aziz kepada wartawan, Kamis (24/10/2019).

Komjen Idham Aziz

Kata Azis, DPR melalui Komisi III akan segera menindaklanjuti surat Presiden Jokowi terkait penunjukkan Komjen Idham Aziz sebagai calon tunggal Kapolri. Menurutnya, Idham Aziz juga harus menjalani fit and proper test meskipun hanya calon tunggal

"Setelah Komisi III DPR dibentuk, maka akan segera dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Idham Aziz," paparnya.

Dia pun optimis, di bawah pimpinan Idham Aziz, Korps Bhayangkara akan lebih baik ke depan. "Bismillah (akan lebih baik," papar Aziz.

Komjen Idham Aziz

Sekadar informasi, nama Kabareskrim Komjen Idham Azis sudah diajukan ke DPR untuk menjabat Kapolri menggantikan Tito Karnavian yang telah dilantik sebagai Mendagri.

Surat Presiden yang berisi pengajuan Kapolri baru sudah diterima DPR Rabu, 23 Oktober 2019 kemarin. Uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan setelah anggota-anggota di Komisi III DPR ditetapkan.

Rencananya, Idham Azis akan menjalani fit and proper test pekan depan. Sementara itu, sebelum Idham Azis menjalani fit and proper test, Pelaksana tugas (Plt) Kapolri akan dijabat Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini