nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kembali Jadi Menkumham, PDIP Pastikan Yasonna Mundur dari DPR

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 11:39 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 24 337 2121105 kembali-jadi-menkumham-pdip-pastikan-yasonna-mundur-dari-dpr-QvS6jdRI06.jpg Menkumham Yasonna H Laoly. (Foto : Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA – Usai ditunjuk kembali menjadi Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna H Laoly dipastikan mundur sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024. PDI Perjuangan memastikan posisi Yasonna yang maju dari Dapil Sumut I di DPR akan diganti lewat pergantian antar waktu (PAW).

"Pasti akan mundur dan akan ada PAW," kata Politikus PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari saat dikonfirmasi Okezone, Kamis (24/10/2019).

Sebelum terpilih dan dilantik pada 1 Oktober 2019 sebagai anggota DPR RI, Yasonna mengundurkan diri dari Menkumham. Kini ia kembali menjadi Menkumham setelah diminta Presiden Jokowi.

Eva menepis bahw, mundurnya Yasona dari Menkumham merupakan main-main. Menurutnya, pencalonan Yasona di DPR merupakan penugasan dari partai. Sementara posisinya yang kembali menjadi menteri merupakan hak presiden.

Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari. (Dok Okezone)

"(Nyalon DPR-red) penugasan partai. Soal menteri yang kejutan, ternyata presiden demen kerja dia sehingga diminta balik ke kabinet. Kan menteri prerogatif presiden jadi enggak ngomong-ngomong ke Laoly (akan jadi menteri lagi-red). Kalau nyaleg adalah hak Laoly kan. Anggap saja rezeki dia bagus," tuturnya.


Baca Juga : Kembali Jabat Menkumham, Jokowi Tugaskan Yasonna Laoly Kawal Omnibus Law

Terkait pergantian posisi Yasonna di DPR, kata Eva, pihaknya telah memastikan peraih suara nomor tiga terbanyak di Dapil Sumut I dari PDI Perjuangan yakni Irmadi Lubis. "Insya Allah Pak Lubis," tuturnya.


Baca Juga :  Perjalanan Karir Yasonna Laoly, Menkumham Dua Periode Jokowi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini