nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istri Imam Nahrawi Dipanggil KPK Terkait Kasus Dana Hibah KONI

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Kamis 24 Oktober 2019 11:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 24 337 2121087 istri-imam-nahrawi-dipanggil-kpk-terkait-kasus-dana-hibah-koni-DpNoG9cHJi.jpg Imam Nahrawi. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan terhadap Shobibah Rohmah pada hari ini. Shobibah merupakan istri dari mantan menteri pemuda dan olahraga, Imam Nahrawi (IMR).

Baca juga: KPK Periksa Sesmenpora untuk Tersangka Imam Nahrawi 

Shobibah akan diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga kepada KONI pada tahun anggaran 2018. Ia diperiksa untuk penyidikan suaminya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Foto: Okezone)

"Yang bersangkutan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka IMR," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: KPK Siap Lawan Gugatan Praperadilan Imam Nahrawi 

Belum dikerahui apa yang akan digali penyidik KPK dari Shobibah. Dalam pemanggilan kali ini, Shobibah bakal dimintai keterangan dengan kapasitas sebagai pihak swasta.

Selain Shobibah, penyidik KPK juga memanggil satu saksi lainnya yakni Shirley F Gerung selaku pihak swasta. Ia juga akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Imam Nahrawi.

KPK sendiri telah menetapkan Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus dugaan suap penyaluran pembiayaan dengan skema bantuan pemerintah melalui Kemenpora untuk KONI pada tahun anggaran 2018. Imam ditetapkan sebagai tersangka bersama asisten pribadinya Miftahul Ulum (MIU).

Baca juga: KPK Perpanjang Masa Penahanan Imam Nahrawi 

Imam Nahrawi. (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

Imam diduga menerima suap dan gratifikasi sejumlah Rp26,5 miliar. Uang tersebut disinyalir diterima Imam dalam dua kali tahapan.

Imam pertama menerima uang pada 2014–2018 melalui Miftahul Ulum senilai Rp14,7 miliar. Penerimaan kedua pada kisaran 2016–2018 sejumlah Rp11,8 miliar.

Baca juga: KPK Periksa Arsitek Budi Pradono Terkait Kasus Imam Nahrawi 

Penetapan tersangka Imam Nahrawi dan Miftahul Ulum merupakan pengembangan perkara terkait kasus dugaan suap penyaluran dana hibah pemerintah untuk KONI melalui Kemenpora. (HAN)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini