nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Menag, Fachrul Razi: Mungkin karena Saya Suka Ceramah

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 18:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 23 337 2120846 jadi-menag-fachrul-razi-mungkin-karena-saya-suka-ceramah-WtEe3iZLdI.jpg Fachrul Razi. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

JAKARTA – Mantan Wakil Panglima TNI Fachrul Razi mengaku tak tahu pasti alasan mengapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkatnya sebagai Menteri Agama (Menag).

Ia pun menduga karena dirinya kerap berceramah sehingga Jokowi memilihnya menjabat Menag.

"Kalau saya menebak-nebak Pak Jokowi, mungkin karena saya suka ibadah dan suka ceramah, tema-nya Islam damai dan toleransi serta persatuan kesatuan," ujar Fachrul di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Menurut Fachrul, alasan-alasan tersebut bisa saja membuat Jokowi memilihnya sebagai Menag agar pemerintah bisa menangani masalah radikalisme melalui pendekatan agama.

Fachrul Razi Calon Menteri Jokowi yang Pernah Berseberangan dengan Prabowo

"Kan banyak Islam radikal itu. Saya kira karena menafsirkan agamanya itu salah. Nah, mungkin, mungkin Pak Jokowi melihat saya bisa membantu menciptakan suasana damai dan membangun persatuan," ujarnya.

Pensiunan jendral bintang empat itu akan langsung mempelajari pendekatan-pendekatan yang akan dilakukannya untuk mencegah radikalisme menyebar luas. Ia pun berjanji akan merangkul semua pihak dan tokoh agama demi mencegah radikalisme.


Baca Juga : Respons PBNU Terkait Menag Era Jokowi-Ma'ruf Diisi Bukan Orang NU

"Saya bukan menteri agama Islam, saya Menteri Agama RI yang di dalamnya ada lima agama," ujar Fachrul.

Penunjukan Fachrul Razi di luar kelaziman dalam setiap periode pemerintahan. Pasalnya, Menteri Agama sejak era Reformasi selalu dijabat dari kalangan sipil, yakni dari Nahdlatul Ulama (NU).


Baca Juga : Ini Susunan Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf Amin

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini